Translate

Jumat, 21 Juli 2017

Mengenal Lebih Dalam Tentang Bandicam (I)

Mengenal Lebih Dalam Tentang Bandicam (I)


Bandicam.

Bagi sebagian orang mungkin tidak tahu apa itu Bandicam beserta kegunaannya dan bahkan masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat screenshoot. Tapi bagi mayoritas pengguna komputer aktif, terlebih gamer, pastinya sudah mengetahui tentang hak tersebut. Hi! Apa kabar? Kali ini Kami, Gembos Nge-Blog, memberikan bahasan singkat dan sederhana mengenai Bandicam.

Apa sih Bandicam itu? Bandicam adalah sebuah piranti lunak gratis alias freeware perekam Game, Video, Layar Komputer dan masih banyak yang lainnya dengan kualitas terbaik. Jika dilihat dari kegunaannya, Bandicam mempunyai beberapa saingan diantaranya Fraps, Radeon ReLive dan NVidia ShadowPlay. Baca DISINI! ya mengenai Radeon ReLive. Sementara NVidia ShadowPlay, serupa dengan Radeon Relive, adalah piranti lunak perekam layar komputer bikinan serta diperuntukkan bagi pengguna produk - produknya NVidia.

Mana yang bagus? Ini sulit tapi bila Kalian menginginkan optimalisasi, Radeon ReLive dan NVidia ShadowPlay adalah jawabannya. Dengan catatan, Kalian juga harus menggunakan piranti keras Mereka seperti GPUnya.

Kalau antara Fraps dan Bandicam, mana yang lebih bagus? Keduanya sama bagusnya. Hanya saja Kami lebih memilih Bandicam. Kenapa? Karena opsi pengaturan pada Bandicam lebih lengkap. Pada Bandicam ada opsi penentuan proses encoding, memilih container dan juga opsi pemilihan codec, built-in (Bandicam) codec atau external codec.

Baik. Apa?! Kalian memilih untuk menggunakan Bandicam! Kalian sudah berada ditempatnya. Punya laptop dengan dua chip grafis adalah keuntungan yang tak ternilai. Intel - GeForce, saat bermain menggunakan GeForce dan perekamannya dikerjakan oleh Intel atau sebaliknya juga bisa. Berikut caranya.

Unduh terlebih dulu Bandicamnya lalu install dengan 'Run as Administrator'. Jalankan jika sudah selesai instalasinya. Saat pertama kali dijalankan, Bandicam mendeteksi adanya HW decoding dan encoding Intel QuickSync pada sistem Kami dan meminta Kami ingin menggunakannya atau tidak. Kami menggunakan laptop Lenovo ThinkPad Edge E335-4C7A. Karena laptop tersebut  dibekali dua chip grafis, Kami ingin memberitahukan kepada Bandicam bahwa ada HW decoding dan encoding lain didalam laptop yang Kami gunakan.

Gambar diatas adalah tampilan Bandicam. Harap diingat ya, Kalian harus mengatur mode perekaman terlebih dahulu sebelum melakukan perekaman. Yang Kami beri tanda kotak hijau adalah mode perekaman game dan sebelahnya adalah perekaman layar/desktop. Kalian tidak akan pernah bisa merekan aktifitas gaming ketika Kalian mengatur Bandicam di mode perekaman desktop. Seperti keinginan Kami, Kami ingin menambahkan HW decoding dan encoding lain, klik 'Pengaturan'.

Karena Kami ingin menambahkan HW decoding dan encoding NVidia CUDA. Kami, terlebih dahulu, harus mengunduh berkas nvcuvenc.dll. Bandicam sudah memberikan peringatan, NVidia doesn't support the CUDA H.264 encoder from the GeForce 340.43 BETA driver. Jadi kalau laptop Kalian dibekali GeForce dan Kalian ingin menggunakannya sebagai "mesin" perekam, lihat versi driver yang digunakan. Jika versi drivernya dibawah 340.43 BETA, Kalian tidak perlu melakukan pembaruan karena sejak driver versi 340.52, nvcuvenc tidak diberikan.

Unduh berkas cuda_enc_windows7_8_64bit.zip DISINI!. Ekstrak lalu copy berkas nvcuvenc.dll dan pastekan ke direktori C:\Windows\Sytem32 dan C:\Windows\SysWOW64. Aku pakai Windows 32bit, caranya? Unduh dulu berkasnya. Kemudian ekstrak lalu copy-pastekan ke C:\Windows\System32. Cara diatas juga bisa diterapkan di Windows 8/8.1/10. Kalau Windows XP? Silahkan dicoba sendiri ya.

Jika sudah mengikuti instruksi dengan benar, harusnya ada pilihan 'H264 (NVidia CUDA)' pada bagian kodek. Jika tidak ada, ulangi dan ikuti instruksinya sekali lagi.

Baik. Sampai disini dulu tulisannya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Bila mengalami masalah dalam pemasangan maupun pengaturan, jangan sungkan untuk meminta bantuan.