Translate

Senin, 24 Juli 2017

System on Chips (SoCs) - IV

System on Chips (SoCs) - IV


Exynos.

Hi! Gembos Nge-Blog kembali nih. Setelah Kami memberi bahasan singkat mengenai System on Chips (I) hingga (III). Kali ini Kami ingin membahas SoCs lainnya, yaitu Exynos. Ada yang tahu Exynos? Exynos adalah rangkaian SoCs berbasis ARM yang dikembangkan dan diproduksi oleh Samsung Electronics dan merupakan kelanjutan dari SoCs sebelumnya yaitu seri S3C, S5L dan S5P. Bila ada yang mengatakan bahwa Samsung adalah pemain baru di bidang SoCs, itu tidak sepenuhnya benar. Kalian masih ingat iPhone 3G? Ponsel pintar tersebut menggunakan SoCs S5L8900 yang dibuat oleh Samsung yang berdasarkan disain dari Apple. Namun Apple manamai ulang SoCs tersebut menjadi SoCs APL0098 dan termasuk didalam seri A.

Exynos sangat jauh berbeda dengan MediaTek. Seperti yang sudah Kami tuliskan diatas, Exynos adalah SoCs yang dikembangkan dan diproduksi oleh Samsung Electronics. Apa artinya? Artinya bahwa Samsung Electronics mempunyai custom CPUnya sendiri namun masih tetap berlandaskan pada ISA ARMv. Sama seperti Qualcomm yang juga mempunyai custom CPU sendiri, yang bernama Scorpion, Krait dan Kryo. Sementara CPU pertama milik Samsung bertajuk Exynos M1. Exynos M1 dapat Kalian dapati di SoCs Exynos 8 8890, yang terdapat di ponsel pintar Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy S7 Edge dan Meizu 6 Pro Plus.

Selama ini bila ada anggapan bahwa SoCs Exynos hanya dipakai di jajaran ponsel Samsung saja, itu tidak sepenuhnya benar. Lalu mengapa bisa ada anggapan tersebut? Seperti yang sudah Kita ketahui bersama. Semua karena lisensi kesepakatan yang ditanda tangani dengan Qualcomm. Jika sudah bicara lisensi, seharusnya Kita tidak mendengar kalimat bahwa Qualcomm melarang Samsung menjual SoCs ke produsen ponsel lain, benar begitu kan?. Tapi nyatanya, Meizu 6 Pro Plus, menggunakan SoCs Exynos 8 8890. Ada apa gerangan? Sayangnya kali ini Kami tidak akan membahas mengapa produsen ponsel lain bisa menggunakan SoCs Exynos. Biarkan waktu yang menjawab. Lanjut!

Pada Quartal ke 3 2016 yang lalu atau tepatnya bulan Agustus, Samsung memperkenalkan SoCs baru, Exynos 7 7570 yang mana ditargetkan untuk smartphone entry-level. Meski begitu, Exynos 7 7570 adalah SoCs pertama di kelasnya yang dibangun pada teknologi 14nm LPP. Sudah tahu kan keunggulan dari teknologi 14nm LPP bila dibandingkan dengan 28nm HKMG maupun HPm.

Baik. Buat Kalian yang penasaran dengan kemampuan SoCs Exynos dan sangat berhasrat ingin membelinya. Kami berikan tabel daftar beberapa ponsel pintar yang menggunakan SoCs Exynos dan dijual di Indonesia.

Exynos SoCs





ARMv8-A





CPU
GPU
Devices using
Exynos 7 7570
4 cores 14nm LPP
Cortex-A53
Mali-T720
Exynos 7 7870
8 cores 14nm LPP
Cortex-A53
Mali-T830MP2






Baik. Demikian bahasan singkat nan sederhananya. Semoga bermanfaat.