Translate

Selasa, 18 Juli 2017

Update BIOS Lenovo ThinkPad Edge E335 - 4C7A

Update BIOS Lenovo ThinkPad Edge E335 - 4C7A


BIOS, juga dapat diartikan sebagai 'kehidupan' dalam bahasa Yunani.

BIOS, Perangkat yang satu ini sering juga disebut dengan firmware atau ROM BIOS karena pada awalnya BIOS disimpan dalam chip hanya baca (ROM) dalam papan induk. Kini BIOS dalam komputer PC modern disimpan dalam chip yang dapat ditulis ulang atau Flash ROM. Oleh sebab itu, penyebutan Flash BIOS lebih populer dibandingkan dengan ROM BIOS.

Selain driver, BIOSpun kini dapat di update/perbaharui. Namun banyak yang menghindari hal tersebut hanya karena takut gagal. Jika Kami ditanya, pernah mengupdate BIOS? Selalu. Tak satupun laptop dan PC Kami luput dari pembaruan BIOS. Sebab salah satu keunggulan yang dirasakan dari memperbaharui BIOS adalah kestabilan laptop/komputer. Kestabilan adalah yang Kami cari karena Kami menggunakan laptop juga untuk bermain salah satu game favorit Kami yaitu PES 2017.

Jika Kami ditanya, bagaimana cara mengupdate BIOS? Sulit Kami untuk menjawabnya. Pasalnya masing - masing vendor laptop dan motherboard mempunyai cara masing - masing dalam memperbaharui BIOS, tergantung juga dari BIOS yang digunakan, Award Modular BIOS, AMI (American Megatrends Inc.) BIOS atau Phoenix BIOS.

Baik. Langsung saja yuk simak bersama mengupdate BIOS Lenovo ThinkPad Edge E335 - 4C7A.

Gambar diatas adalah spesifikasi motherboard laptop Lenovo ThinkPad Edge E335 - 4C7A Kami. Versi BIOS yang terinstal adalah H3ET76WW(1.13) tanggal 15 April 2016.

Unduh terlebih dahulu ThinkPad BIOS Flash Update Utility, sesuaikan dengan versi Windows yang digunakan lalu jalankan dengan 'Run as Administrator'. Harap diperhatikan akhiri semua program yang berjalan di latar belakang, tanpa terkecuali. Intinya. Aktifitas update BIOS jangan disambi/dibarengi dengan aktifitas lainnya dan pastikan tetap terhubung ke internet selama update BIOS.

Karena sebelumnya Kami sudah pernah melakukan update BIOS, Kami pun diminta untuk melakukan overwrite jadi pilih 'Copy and Replace'.

Selanjutnya akan ditampilkan jendela saran - saran sebelum melakukan update BIOS. Jika ragu, Kalian masih bisa memilih 'Cancel' untuk membatalkan. Jika mau terus, klik 'Next' dan selanjutnya akan muncul jendela Do you want to continue?, pilih 'Yes'. Proses update BIOS akan berjalan dan beberapa kali laptop melakukan reboot. Tenang dan jangan panik. Bila proses update telah selesai, laptop akan reboot kembali dan selanjutnya masuk ke windows.

Jika Kalian merubah pengaturan BIOS seperti menetapkan disk Legacy atau UEFI, setelah update BIOS, lakukan 'Load to default' dan 'Save and Exit'. Kemudian masuk kembali ke BIOS untuk merubah kembali pengaturannya dan jangan lupa 'Save and Exit'. Tapi bila Kalian sama sekali belum pernah menyentuh BIOS apalagi sampai merubah pengaturan - pengaturannya. Kalian tidak perlu melakukan 'Load to default' karena Kami mengasumsikan pengaturan BIOSnya masih dalam status default.

Sekarang laptop Kami telah menggunakan BIOS terbaru.

Tulisan kali ini semata hanya berbagi pengalaman. Kami tidak melarang Kalian mengupdate BIOS apalagi menyuruh. Jadi bila Kalian bersikeras mengupdate BIOS, Kami TIDAK BERSEDIA BERTANGGUNG JAWAB! atas segala resiko yang dihadapi. Do with your own risk!.

Itu tadi tulisan 'Update BIOS Lenovo ThinkPad Edge E335 - 4C7A'. Sampai jumpa di postingan menarik Kami lainnya.