Translate

Minggu, 27 Agustus 2017

Semua Tentang OPPO Neo 3 (Rooting, Upgrading and Flashing)

Semua Tentang OPPO Neo 3 (Rooting, Upgrading and Flashing)



OPPO.

Hi! Apa kabar kerabat Gembos Nge-Blog? Kali Kami akan memberikan langkah - langkah melakukan rooting, terutama flashing, terhadap OPPO Neo 3. Seperti yang Kita ketahui bersama bahwasanya OPPO Neo 3 hadir dengan mengusung SOCs MediaTek MT6572, RAM 1GB serta penyimpanan internal sebesar 4GB. Berbicara mengenai MediaTek MT6572. SOCs tersebut memiliki 2 varian lainnya yaitu MT6572A dan MT6572M. Ironinya perbedaan antara ketiganya hanya terletak pada kecepatan CPUnya saja.

MT6572M memiliki perbedaan kecepatan CPU 200MHz dari MT6572A sedangkan MT6572A memiliki perbedaan 100MHz dari MT6572. Dan benar jika MT6572 memiliki kecepatan CPU paling tinggi yaitu 1.3GHz. Dua seri ponsel pintar OPPO yang di otaki MT6572 adalah Joy R1001 dan Neo 3 R831K. MT6572 bukanlah satu - satunya SOCs MediaTek yang mempunyai tiga varian. Salah satunya adalah MT6735, yang mempunyai dua varian lain yaitu MT6735P dan MT6735M. Coolpad Sky 3 Kami menggunakan SOCs MT6735P.

Baik. Tanpa membuang - buang waktu lagi, berikut sajian lengkapnya.

1. Flashing.


a. Unduh dan Ekstrak.
➲ Unduh 7-Zip DISINI!. Kami sangat menyarankan 7-Zip.
➲ Unduh MTK USB All Driver DISINI!.
➲ Unduh OTA Update ROM OPPO Neo 3 R831K DISINI! lalu copy-paste kan ke direktori MicroSD.
➲ Unduh SP Flash Tool 5.1628 DISINI! atau DISINI!.
➲ Unduh stock ROM OPPO Neo 3 R813K DISINI!.

b. Pelaksanaan.
➲ Matikan antivirus, UAC dan CCleaner atau program - program yang serupa.
➲ Pasang 7-Zip dan MTK USB All Driver. Jika sudah ada di sistem, abaikan langkah ini.
➲ Nyalakan OPPO Neo 3 ke mode recovery, tekan dan tahan tombol volume down dan power secara bersamaan. Kemudian lakukan 'wipe data and cache'. Setelah itu. Matikan ponselnya, lepaskan baterainya beserta SIM dan MicroSDnya.
➲ Ekstrak stock ROM ke desktop bukan drive C, D ataupun yang lainnya.
➲ Ekstrak SP Flash Tool ke desktop lalu eksekusi dengan Run as Administrator.
➲ Di tab Download. Load kan file scatter-loadningnya. File scatter-loading ada di dalam folder hasil ekstrak stock ROM OPPO Neo 3 R831K. Setelah itu beralihlah ke tab Format. Pilih 'auto format flash' dan 'format whole flash except bootloader' lalu klik 'Start'.
➲ Siapkan OPPO Neo 3 nya. Pasang hanya baterainya saja. Lalu tekan dan tahan tombol volume up dengan satu tangan. Sementara tangan lainnya menyambungkan OPPO Neo 3 ke komputer/laptop.
➲ Lepaskan penekanan pada tombol power up bila Kalian sudah melihat proses bar warna merah. Kemudian tunggu proses format sampai selesai.
➲ Jika sudah selesai. Tutup SP Flash Tool nya, cabut OPPO Neo 3 dari komputer/laptop. Lepas baterainya sesaat lalu pasang kembali.
➲ Jalankan kembali SP Flash Tool nya. Di tab 'Download', load 'scatter-loading file' nya. Lalu klik 'Download'. Tekan dan tahan tombol volume up OPPO Neo 3 dengan satu tangan. Sementara tangan lainnya menyambungkan OPPO Neo 3 ke komputer/laptop.
➲ Lepaskan penekanan pada tombol power up bila Kalian sudah melihat proses bar warna merah. Kemudian tunggu proses download sampai selesai.
➲ Jika sudah selesai. Cabut OPPO Neo 3 dari komputer/laptop. Lepaskan baterai lalu pasang MicroSD yang berisi OTA Update dan pasang kembali baterainya.
➲ Nyalakan OPPO Neo 3 ke mode recovery. Lakukan 'wipe data and cache' lalu pasang OTA update. Caranya, pilih 'Install from sd' kemudian 'From SD' lalu arahkan ke file OTA update. Selama proses ini, pastikan baterai OPPO Neo 3 nya lebih dari 70%. Kemudian 'Reboot'. Reboot kali ini akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari biasanya jadi jangan panik.
➲ Terakhir. Lakukan pembaruan sistem melalui 'Tentang ponsel'. Ini sangat penting. Pastikan pembaruan terakhir yang terpasang menunjukan angka 160324.

2. Rooting.


a. Unduh.
➲ Unduh aplikasi KingoRoot DISINI!.

b. Pelaksanaan.
➲ Aplikasi KingoRoot sangat ramah terhadap sebagian besar ponsel pintar ber-SOCs kan MediaTek. Kalau ingin me-root OPPO Neo 3, cukup gunakan aplikasi tersebut.

'IMEI tidak valid'. Jangan panik. Itu biasa terjadi pada ponsel pintar Android ber-SOCs MediaTek setelah di flashing. Cara memperbaiki IMEI tidak valid ada DISINI!. Baik. Sampai disini dulu ya. Semoga bermanfaat. Jika ada langkah - langkah yang dirasa kurang jelas, silahkan tanyakan ke Kami.