Translate

Rabu, 30 Agustus 2017

XIAOMI Product Authentication

XIAOMI Product Authentication


XIAOMI.

Bukan soal apa yang konsumen beli. Authentication atau pembuktian keaslian sebuah produk adalah kewajiban para konsumen. Kewajiban konsumen yang Kami kutip dari YLKI, salah satunya berbunyi 'membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan'. Ini jelas. Konsumen wajib menanyakan keaslian produk dari produsen maupun distributor bila ingin mendapatkan haknya, salah satunya 'hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa'.

Sudah menjadi rahasia umum bila merek XIAOMI adalah salah satu merek yang banyak ditemui produk - produk versi replikanya. Tak hanya lini ponsel pintarnya, produk power banknya pun ada replikanya. Kami sempat mempunyai power bank XIAOMI 10000mAh Pro. Tak berselang lama power bank tersebut rusak. Lalu Kami membeli lagi power bank yang sama namun di tempat yang berbeda.

Ada perbedaan yang baru Kami sadari. Bahwa gadget langsung terisi baterainya begitu terhubung dengan power bank tanpa harus Kami menekan tombol power pada power banknya. Ini sesuai dengan spesifikasi power bank yaitu 'Auto-detects device plug-in/plug-out'.

XIAOMI power bank 10000mAh PB10000PRO PLM02ZM.

Untuk membuktikan keaslian produk - produknya, XIAOMI telah menyiapkan laman khusus untuk pemeriksaan keaslian. Tapi harap diingat. Hanya lini produk smartphone dan power bank saja yang dapat di periksa keasliannya.

Produk power bank XIAOMI yang asli. Selalu ada stiker seperti gambar diatas yang tertempel dikemasan power bank. Bicara tentang kemasan. Kemasan power bank XIAOMI yang asli bukan dari plastik transparan, seperti akrilik, melainkan kotak karton. Dan ada bagian dari stiker yang harus dikerik atau digosok untuk melihat 20 digit angka, yang nantinya digunakan untuk pengecekan.

Bagaimana cara melakukan authentication?
➲ Gosok atau kerik terlebih dahulu bagian yang berwarna abu - abu pada stiker berlogo XIAOMI.
➲ Menuju ke laman XIAOMI Product Authentication. Selanjutnya masukan 20 digit angka kemudian klik 'Verify'.

Produk terverifikasi.

Kalau mau memverifikasi ponsel pintar XIAOMI, masukan nomer IMEI dan SN. Cukup mudah bukan? Baik. Sampai disini dulu ya postingannya. Semoga bermanfaat. Pesan dari Kami, jadilah konsumen yang bijak.