Translate

Minggu, 08 Oktober 2017

Tambahkan Filter Pelindung Mata di Laptop dan PC Desktop

Tambahkan Filter Pelindung Mata di Laptop dan PC Desktop


f.lux.

Hallo kerabat Gembos Nge-Blog! Apa kabarnya? Kita masih sering mendengar himbauan, jangan menggunakan ponsel pintar ketika akan pergi tidur. Mengapa? karena dampak cahaya biru yang dihasilkan dari layar ponsel pintar yang Kita lihat akan menyulitkan Kita untuk tidur. Alhasil. Tidurpun menjadi tidak berkualitas. Jadi benar adanya bila Kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi.

Kami pernah memberikan tulisan Tambahkan Filter Pelindung Mata di Perangkat Android. Tapi Kami sangat menyakini bahwa tidak hanya layar ponsel pintar saja yang dapat menghasilkan cahaya biru. Perangkat pesawat televisi LED, monitor PC Desktop dan juga laptop dapat menghasilkan cahaya biru. Benar? Tapi pada tulisan Kami kali ini, Kami akan memberikan bagaimana cara meminimalisir dampak cahaya biru di perangkat PC desktop dan laptop.

➤ Unduh dan pasang perangkat lunak f:lux. Jangan risau. f:lux bisa dijalankan di ragam sistem operasi, mulai dari Windows, Mac hingga Linux.
➤ Bila di sistem Windows, khususnya Windows 7. Sistem operasi tersebut akan meminta memulai ulang sistem sesaat setelah selesai memasang f:lux.

➤ Setelah sistem memulai ulang. Selanjutnya Kamu akan dihadapkan seperti tampilan diatas. Lalu masukkan ZIP code atau lokasi. Mungkin banyak yang tidak tahu maksud dari ZIP code tapi bagaimana kalau 'postal code' atau kode pos. Mengapa perlu memasukkan lokasi atau kode pos? f:lux dapat berjalan secara mandiri berdasarkan waktu wilayah. Singkatnya f:lux aktif bila diwilayahmu telah menunjukkan waktu terbenamnya matahari dan sebaliknya, akan tidak aktif bila menunjukkan waktu terbitnya matahari.

➤ Gambar diatas adalah user interface f:lux. Kamu bisa menyesuaikan berdasarkan temperatur warna, dalam satuan K (baca: Kelvin).

➤ Kami mempunyai kewajiban untuk memberikan screenshoot diatas. Tapi yang harus Kamu ingat adalah kombinasi tombol 'Alt+End'. Kenapa? untuk jaga - jaga. Jikalau di kemudian hari Kamu menerapkan setingan yang teramat gelap hingga opsi - opsi pengaturan menjadi tidak terlihat.

➤ 'Color effects'. Ya. Bisa dikatakan bahwa 'color effects' adalah profil atau pre-set dari pengaturan 'Daytime', 'It's nighttime' dan 'Bedtime'. Rekomendasi pre-set dari Kami adalah 'Reduce Eyestrain'. Profil tersebut cocok diterapkan dari pagi hari hingga menjelang petang.

➤ 'Change color to ...'. Bila tujuan Kamu menggunakan perangkat lunak f:lux untuk meminimalisir cahaya biru, jangan menerapkan temperatur warna lebih dari 3500K.

➤ dan opsi terahir adalah 'Disable'. Sudah jelas dong fungsi opsi tersebut.

Tak hanya berjalan di sistem Windows, Mac dan Linux. f:lux, juga dapat berjalan di sistem Android bahkan pada iPhone, iPad hingga iPod Touch. Namun ada persyaratannya. f:lux akan bekerja di perangkat Android Lollipop dan Marshmallow yang sudah di-ROOT dan di beberapa perangkat Android KitKat yang sudah di-ROOT, tapi banyak yang tidak. Dan untuk diperangkat "rasa" Apple, perangkat tersebut harus sudah di jailbrake.

Kami mencobanya di perangkat LENOVO A6000 Plus Kami yang sudah di ROOT.

Gambar diatas adalah tampilan pengaturan f:lux. Sangat disayangksn, untuk platform Android, f:lux tidak memberikan pengaturan berupa temperatur (Kelvin) karena menurut Kami, pengaturan dalam Kelvin akan lebih memudahkan. Yang mengejutkan Kami adalah di bagian 'Color Driver', tidak ada MediaTek disana.

Semakin besar nilai Kelvinnya maka warna tersebut termasuk dalam temperatur "sejuk". Sejuk disini justru membuat mata Kita cepat lelah dan 3500K adalah nilai maksimalnya. Pesawat televisi LCD dan LED juga monitor laptop maupun desktop berada direntang nilai 6500K hingga 9500K. Selengkapnya kalau mau baca tentang temperatur warna ada DISINI.

Itu tadi salah satu cara agar mata Kamu tidak cepat lelah ketika harus seharian menatap layar laptop maupun monitor PC desktop. Tentunya ada cara lain lagi dan itu harus diterapkan agar hasilnya dapat dirasakan yaitu salah satunya dengan pemilihan lampu untuk meja kerja yang tepat. Seperti yang Kami lakukan, menggunakan lampu LED warna kuning dengan spesifikasi 6W 220-240V 3000K 470lm (baca: Lumens).

Baik. Sampai disini dulu tulisannya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.