Translate

Minggu, 10 Desember 2017

Cara Backup dan Restore Aplikasi di Android Tanpa Root

Cara Backup dan Restore Aplikasi di Android Tanpa Root


Backup and restore Android application.

Melakukan backup data dan aplikasi di Android adalah hal penting yang harus Kita lakukan karena Kita tidak akan pernah tahu kapan masalah serius menghampiri smartphone Android kesayangan. Kami pribadi secara berkala melakukan backup semua yang ada di gawai Android milik Kami hingga Kami bisa melakukan factory reset setiap enam bulan sekali.

'Factory reset enam bulan sekali?' Benar. Kami tidak khawatir sedikitpun melakukan factory reset. Untuk data berupa audio, video dan gambar, Kami cukup menghubungkan smartphone ke PC / laptop menggunakan kabel data dan proses backup bisa segera dilakukan. Sementara untuk pesan / sms, Kami cukup melakukan ekspor ke kartu SD lalu memindahkannya ke laptop atau ke google drive. 'Kontak?' Untuk kontak, sejak awal Kami menyimpannya di gmail. 'Bagaimana caranya?' Saat membuat kontak baru. Kita pasti menjumpai opsi simpan ke gmail, SIM Card dan Telepon. Pilihlah simpan ke gmail. Sama seperti email, daftar kontak yang disimpan di gmail pasti disonkronisasikan. 'Lalu bagaimana cara melakukan backup kontak yang tersimpan di SIM Card / Telepon?' Cukup lakukan ekspor (vCard) ke kartu SD lalu amankan ke media penyimpanan yang ada di PC / laptop.

'Bagaimana dengan aplikasi?' Harus Kalian ketahui. Di setiap aplikasi ada dua komponen yang bisa di cadangkan. Pertama Apl dan yang kedua Data. Pada tulisan kali ini adalah cara backup dan restore aplikasi di Android tanpa root. Jadi hanya Apl-nya saja. Berikut adalah langkah - langkahnya

1. Unduh dan Install Share Link untuk PC / laptop Windows, DISINI!
2. Kemudian unduh dan install juga Share Link untuk smartphone Android yang ingin dibackup data - datanya.

3. Jalankan Share Link yang sudah dipasang di PC / Laptop lalu klik 'Receive'.

4. Jalankan Share Link yang ada di Android lalu klik 'Kirim file'.

5. Alihkan ke opsi 'Aplikasi'. Lalu pilih aplikasi yang akan dicadangkan, kemudian sentuh 'Bagikan file yang dipilih'. Terakhir sentuh 'Kirim'.

6. Share Link akan memindai perangkat yang siap untuk menerima file. Jika perangkat penerima ditemukan, sentuh avatar perangkat target. Tunggu hingga proses pengiriman berhasil.

7. Jika sukses. Selanjutnya akan ditampilkan jendela auto accept. Bila Kamu memberi 'Yes'. Pada sesi penerimaan file selanjutnya, Kamu tidak harus mengklik 'Receive' bila ingin menerima file. Pada tuorial kali ini. Kami menggunakan smartphone Lenovo A7000 Plus Android Marshmallow dan Laptop Lenovo Windows 7 Pro SP1 64bit.

Secara default, file transferan akan di letakkan di direktori C:\Users\(user-PC)\Documents\Share Link. Share Link tidak mempunyai kemampuan mencadangkan data dari aplikasi. Kami sudah mencobanya untuk mencadangkan game Vainglory dan yang berhasil dicadangkan hanya Apl-nya saja. Sementara datanya, tetap harus diunduh.