Translate

Minggu, 17 Desember 2017

Update Driver 'Radeon-Mu' ke Adrenalin Edition 17.12.1

Update Driver 'Radeon-Mu' ke Adrenalin Edition 17.12.1


Radeon Software Adrenalin Edition (Gambar diambil dari JagatReview).

Hi! Kerabat Gembos. Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat ya. Baik. Beberapa hari yang lalu, Radeon memberikan pembaruan driver dan ini merupakan pembaruan masif. Rutinitas pembaruan tersebut telah terjadi sejak tiga tahun lalu yang diawali dengan diperkenalkannya Radeon Catalyst Omega (2014), Radeon Software Crimson Edition (2015), lalu Radeon Software Crimson ReLive Edition (2016) dan yang teranyar Radeon Software Adrenalin Edition (2017).

Tidak seperti 'Crimson' yang merupakan salah satu varian warna merah (deep purplish red) atau merah keunguan yang dalam, kata 'Adrenalin' diambil dari nama salah satu varietas bunga mawar yang memiliki kuntum kaya warna merah. Pemberian nama yang sangat tepat sebab tampilan dan fitur - fitur pada Radeon Software Adrenalin Edition sendiri secantik bunga Adrenalin Rose.

Baik. Sebelum melakukan pembaruan. Hal utama yang harus diperhatikan adalah OS apa yang dioperasikan kemudian seri GPU apa yang digunakan. Dalam tutlisan ini yang Kami gunakan adalah OS Windows 7 Ultimate SP1 64bit dan GPU RX 460 serta melakukan pembaruannya secara offline bukan online a.k.a OTA.

Tabel diatas adalah dukungan Radeon Software Adrenalin Edition terhadap GPU card yang berjalan di Windows 7 64bit.

GPU diskrit pada laptop juga didukungnya tapi untuk platform laptop, lebih baik dan sangat disarankan memasang pembaruan yang disediakan oleh vendor laptop.

'Kalau untuk APU?' Tenang. Driver tersebut juga mendukung untuk APU desktop. 'APU Mobile tidak?' Kalau laptop yang digunakan memiliki konfigurasi Dual-Graphics, ada baiknya memasang driver yang telah disediakan oleh vendor laptop. Tapi apabila laptop yang digunakan hanya dibekali iGPU, lampu hijau untuk menggunakan driver Radeon Software Adrenalin Edition.

Baik. Kita mulai pembaruannya.

Tapi unduh terlebih dahulu drivernya. Ini link unduhannya kalau Kamu juga mengoperasikan Windows 7 64bit.

Setelah selesai diunduh. Jalankan installernya dengan Run as Administrator. Lalu klik Install (Gb.1) dan tunggu hingga selesai (Gb. 2).

Selanjutnya Kamu akan dihadapkan pada jendela END USER LICENSE AGREEMENT, klik saja Accept and Install.

Lalu klik 17.12.1 Local Driver (Gb. 1). Kemudian klik Custom Install (Gb. 2).

Inilah mengapa di langkah sebelumnya, Kami memilih Custom Install karena ada komponen pada driver yang tidak Kami butuhkan. Benar. Bethesda Launcher. Lalu memberi centang pada komponen driver yang Kami butuhkan. Selanjutnya klik Clean Install. Lalu Kamu akan dihadapkan pada jendela pemberitahuan yang intinya sistem Kamu akan di reboot paksa, plih saja Yes.

Tunggu hingga proses pelepasan driver versi sebelumnya hingga tuntas. Kalau Kamu usil, Kami boleh mengklik Stop Uninstallation. Jika sudah selesai unistallation, sistem akan di reboot.

Kemudian akan masuk kembali ke Windows dan secara otomatis proses install atau pemasangan akan dilanjutkan. Tapi seringnya kepanikan hadir disini dikarenakan proses instalasi tidak berlanjut. Mengapa itu bisa terjadi? Banyak penyebabnya. Coba ikuti tips dibawah ini.


  1. Sebelum dan saat akan mengunduh driver. Pahami konfigurasi platform yang digunakan dan ketahui sistem operasi yang dijalankan. Matikan antivirus, program pemantau, torrent client atau yang lainnya dan taruh berkas drivernya di Desktop.
  2. Selama mengunduh. Jaga agar platform Kamu tidak masuk ke mode sleep dan tidak melakukan aktifitas lain seperti mendengarkan lagu, menonton film, mengedit foto, memperbarui antivirus, browsing atau aktifitas lainnya. Intinya dukung sistem Kamu untuk fokus dalam mengunduh.
  3. Ketika akan menjalankan installernya, jalankan dengan Run as Administrator.

'Kalau proses instalasi tidak berlanjut dan disertai dengan notifikasi error. Bagaimana solusinya?' Pahami maksud pesan errornya dan cari solusinya. Usaha... Usaha... Sebagai tambahan. Baca juga Panduan Lengkap Menghapus dan Memasang Driver AMD.

Radeon Software Adrenalin Edition.

Akhir kata. Radeon Software Adrenalin Edition pun berhasil dipasang. Selamat menikmati fitur - fitur yang diberikan dan peningkatan performanya. O Iya. Berbagi pengalaman dikarenakan Kami juga bermain game Rise of The Tomb Raider. Kami mengalami yang namanya intermiten. Kami sulit menjelaskannya tapi intinya intermiten berbeda dengan hang jadi jangan disamakan ya.

Baik. Semoga bermanfaat ya. Bila mengalami kendali saat memperui driver, bisa kok meminta bantuan ke Kami tapi semampunya Kami ya. Add juga G+ Kami ya.