Translate

Jumat, 12 Januari 2018

Custom Lenovo A6000 Plus - Part 1

Custom Lenovo A6000 Plus - Part 1


Lenovo Indonesia.

Hi! Kerabat Gembos. Bagaimana liburannya? Semoga dapat menyegarkan pikiran Kita ya. Meskipun sudah memulai rutinitas tapi semangat liburannya harus tetap ada ya agar supaya tidak menjalani rutinitas dengan perasaan tidak gembira. Liburan terus - terusan kadang juga membosankan. Libur kangen kerja, kerja pingin libur. Begitulah Kita.

Baik. Langsung saja ya. A6000 Plus adalah salah satu ponsel pintar Android bikinan Lenovo yang di jual pada tahun 2015 silam dengan harga terjangkau, yang kala itu menggunakan Android KitKat. Ponsel tersebut mendapat pembaruan major (OTA) Android Lollipop. Tentu hal tersebut menjadikan Lenovo A6000 Plus menjadi salah satu ponsel yang paling banyak di incar. Namun banyak yang menyesal telah memperbarui Android Lenovo A6000 Plus ke versi Lollipop. Berbagai keluh kesah telah Kami dengarkan, salah satunya adalah ponsel menjadi mudah panas. Hal tersebut sungguh sangat bertolak belakang. Pasalnya Kami juga pengguna Lenovo A6000 Plus namun Kami tidak mengalami yang banyak dikeluhkan. Mungkin Mereka yang mengalami hal tersebut telah melakukan kesalahan sebelum dan saat memperbarui sistem Androidnya.

Baik. Kami berharap agar Kalian membaca dulu instruksinya hingga selesai dan Kami tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerusakan yang terjadi. Pastikan PC / Laptop yang digunakan, system operasi (khususnya windows), dalam kondisi prima dan tidak terjangkit virus.

1. Pasang Custom Recovery dan ROM.


Hal utama yang harus diperhatikan kalau Kamu mau menggunakan custom rom Marshmallow bahkan Nougat sekalipun adalah Lenovo A6000 Plus nya sudah di posisi Android Lollipop dan selanjutnya :


  • Unduh aplikasi KingoRoot lalu root Lenovo A6000 Plus nya. Cara rootnya ada DISINI.
  • Unduh ADB Fastboot melalui PC/laptop. Ekstrak lalu letakkan di Desktop dan rename menjadi fastboot.
  • Unduh dan pasang driver Lenovo A6000 Plus nya. Beri centang USB Debugging lalu hubungkan Lenovo A6000 Plus nya ke PC / Laptop menggunakan kabel data. Beri otoritas pada PC/Laptop yang akan dihubungkan melalui USB Debugging.
  • Masih menggunakan PC/Laptop. Unduh custom recovery TWRP 3.1.1.0 untuk Lenovo A6000 Plus Lollipop ARM64 DISINI. Kemudian letakkan didalam folder hasil ekstrak ADB Fastboot dan rename menjadi recovery.

Di postingan Kami Semua Tentang Lenovo A6000 Plus, Kami memberikan cara memasang custom recovery via aplikasi Flashify tnamun nampaknya cara tersebut membuat TWRP terinstall sementara, tidak permanen. 'Lalu bagaimana cara memasang TWRP permanen di Lenovo A6000 Plus?'. Berikut caranya :

Tekan dan tahan tombol 'Shift' pada keyboard lalu klik kanan folder yang berisi ADB Fastboot. Kemudian pilih 'Open command windows here'. Karena di laptop Kami folder ADB Fastboot, Kami beri nama fastboot. Maka setelah kata Desktop\ hanya ada kata fastboot. Selanjutnya untuk memastikan kalau Lenovo A6000 Plus nya tertancam dengan benar, ketikkan adb devices.

Kemudian ketikkan adb reboot bootloader. Jika Kamu mendapati pesan error: device unauthorized. Kemungkinan Kamu belum mencentang atau menhidupkan USB Debugging atau Kamu belum memberikan kuasa. Jika semuanya sudah sesuai instrukai, ponsel tersebut akan reboot dan masuk ke bootloader.

Terakhir ketikkan fastboot flash recovery recovery.img. Kata recovery yang kedua adalah nama dari file recovery itu sendiri. Masih ingat Kami memerintahkan untuk merename file custom recovery nya menjadi recovery. Semata hanya untuk mempermudah. Jika semuanya OKAY. Tutup jendela CMD nya lalu cabut Lenovo A6000 Plus nya. Kemudian tekan dan tahan tombol power untuk me reboot HH nya.

  • Biarkan sejenak HH nya. Masih menggunakan PC / Laptop. Unduh custom ROM dan Hex-Firmware Patch nya DISINI. Itu adalah Custom ROM AOKP Nougat 7.1.2 ARM64 By Has.007.
  • Unduh OpenGapps nya DISINI. Karena ROM nya Android Nougat 64bit, maka OpenGapps yang diunduh juga harus sesuai yaitu ARM64 7.1.
  • Hubungkan kembali Lenovo A6000 Plus nya ke PC / Laptop lalu copy-paste kan ketiga berkas tadi yang sudah di unduh ke memory external. Jika sudah selesai, cabut kembali HH tersebut.
  • Sampai disini status Lenovo A6000 Plus nya sudah ter-root dan terpasang TWRP. Lalu unduh dan pasang aplikasi Reboot (Material design) via PlayStore. Setelah terinstall, jalankan aplikasi tersebut, beri akses root kemudian pilih Recovery.

Jika semuanya sudah sesuai dengan instruksi. Harusnya Lenovo A6000 Plus Kamu akan reboot dan masuk ke TWRP dan selanjutnya Kamu tinggal melakukan pemasangan. Berikut caranya :

  1. Lakukan Full Wipe (Cache, Dalvik, Data, System, dan Internal Storage) terlebih dahulu.
  2. Lalu Install Hex-Firmware Patch. Tunggu hingga selesai.
  3. Jika sudah selesai, lanjutkan dengan memasang AOKP-ROM 7.1.2 OMS/Substratum By Has.007. Kemudian OpenGapps nya. O Iya. Meski TWRP bisa melakukan flash / install lebih dari satu berkas .zip sekaligus tapi sangat disarankan untuk menginstallnya satu persatu.
  4. Reboot System.

Lagi. Jika semuanya sudah sesuai instruksi. Lenovo A6000 Plus nya tidak akan mengalami bootloop dan akan masuk ke System Android Nougat 7.1.2. Berikut beberapa screenshot nya :

Ketika Lenovo A6000 Plus masih di Lollipop 5.0.2 Stock dan sudah root.

Dan ketika sudah di Nougat menggunakan AOKP-ROM 7.1.2.

2. Pasang Custom Kernel.


'Bukannya setiap ROM sudah termasuk kernel?'. Yup. Itu benar. 'Lalu untuk apa memasang custom kernel?'. Tergantung kebutuhan. Contohnya Kami. Kami menjadikan Lenovo A6000 Plus nya sebagai portable music player dan menyandingkannya dengan DAC. Maka Kami perlu memasang custom kernel yang memberikan dukungan sound gain.

Kita lanjut ke cara pemasangan. Berikut caranya :

  1. Unduh terlebih dahulu custom kernel nya, TheRagingBeast ARM64 17.1 By V@RuN_ DISINI. Kalau merasa kurang puas dengan performanya, alternatif custom kernel adalah Phantom-Reborn R7 ARM64 By Dev_Harsh1998, unduh DISINI.
  2. Setelah selesai diunduh. Sambungkan Lenovo A6000 Plus ke PC / Laptop menggunakan kabel data lalu copy-paste kan berkas custom kernel nya ke microSD.
  3. Setelah selesai cabut Lenovo A6000 Plus nya dan masuk ke recovery mode. Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Reboot (Material Design).
  4. Setelah itu lakukan wipe cache dan dalvik dan lanjutkan pasang custom kernel nya.
  5. Reboot System.

'Bang Mbos ada rekomendasi custom ROM lainnya gak?'. Ada. Berikut rekomendasinya :

  1. Pure AOSP 5.1.1 ARM64 Stable. Ini adalah ROM Lollipop. Custom kernel yang pas untuk Lollipop adalah kernel TeLo, unduh DISINI.
  2. Custom ROM 6.0.1 Marshmallow ARM64 Stable based Resurrection Remix v5.6.0.
  3. CyanPop 6.0.1 ARM64 Stable. Salah satu custom kernel yang pas untuk ROM Marshmallow adalah kernel God's Kernel, unduh DISINI.

Rekomendasi custom kernel lainnya, baca DISINI. Sekarang Lenovo A6000 Plus mu bisa ditandingkan dengan 'adik'nya yaitu Lenovo A6600 Plus dan perbedaanya terletak pada SoCs yang diusungnya. Lenovo A6000 Plus menggunakan Snapdragon 410 MSM8916 sedangkan Lenovo A6600 Plus mengusung MediaTek MT6735P.

List of all available Lenovo A6000 or A6000s a.k.a A6000 Plus - XDA.


AOKP-ROM 7.1.2 OMS/Substratum By Has.007 with custom kernel TheRagingBeast ARM64 17.1 By V@RuN_. CPU Governors 'yankactive', CPU Governor yang paling Kami sukai dari kernel tersebut.

Baik. Sekian dulu postingan dari Kami. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Jika masih ada yang kebingungan dengan langkah - langkah diatas, tambahkan Google Plus Kami. Sebisa mungkin Kami bantu.