Translate

Minggu, 11 Februari 2018

Pengaturan NoxPlayer untuk Bermain Rules of Survival (I)

Pengaturan NoxPlayer untuk Bermain Rules of Survival (I)


Android Emulator.

Dahulu Kami pernah menerbitkan tulisan '7 Emulator Android Terbaik' dan salah satu Android emulator terbaik adalah Nox App Player atau yang kini dikenalnya dengan NoxPlayer. 'Mengapa menjadi yang terbaik?' karena pembuatan dan pengembangan NoxPlayer memang ditujukan untuk bermain game.

PERINGATAN! Buat Kamu yang awam, dihimbau untuk tidak meneruskan membaca.

NoxPlayer juga sering disebut - sebut sebagai emulator Android yang cukup ringan. Informasi buat Kamu, yang namanya emulator itu pasti berat dan membutuhkan sumber daya sistem yang tidak kecil karena pada dasarnya emulator adalah sistem yang berjalan di atas sistem. Jadi kalau Kamu pernah kecewa dengan perangkat lunak emulator, apapun itu, baik emulator Android maupun emulator PS. Mulai sekarang jangan punya harapan tinggi bila mendengar kata ringan.

'Lalu butuh perangkat keras yang seperti apa untuk dapat menjalankan NoxPlayer?' Baik. Kali ini yang Kami berikan adalah Recommended bukan minimum nya. Ingat! NoxPlayer adalah emulator. Oleh sebab itu. Hal mendasar yang dibutuhkan sebuah emulator adalah CPU atau prosesor yang mempunyai teknologi virtualisasi.

NoxPlayer.

Recommended requirements :


  • CPU quad-cores AMD atau Intel dengan kemampuan AMDv/VT-x.
  • RAM 4GB.
  • Ruang harddisk 2GB.
  • GPU dengan kemampuan OpenGL 4.0.

'Cukup mudah ya mendapatkan sistem dengan spesifikasi diatas?' Benar. Tapi Kami berani jamin. Sebagian besar pengguna NoxPlayer akan menggunakannya untuk bermain game. Pertanyaannya sekarang. Apakah bisa dipakai untuk bermain game via NoxPlayer dengan spesifikasi seperti yang telah disebutkan diatas? Eeit!. Kembali lagi game apa yang ingin dimainkan. 'Kalau untuk bermain game ROS Rules of Survival?' Pas banget. Kami memang akan memberikan setting up dan tips dalam bermain R.O.S di NoxPlayer.

Baik. Disini Kami menggunakan 2 laptop yaitu; Acer Aspire E1 - 471G - ZQT dan Lenovo ThinkPad Edge E3354-C7A. Keduanya adalah laptop yang dibekali dedicated atau diskrit grafis GeForce milik NVidia. GeForce 710M di laptop Acer dan GeForce 610M di laptop Lenovo. Tapi Kami lebih memilih untuk menggunakan Laptop Lenovo karena dGPU pada laptop tersebut lebih tua dari GeForce 710M. Kedua GeForce tersebut adalah GPU GeForce keluarga Fermi mikroarsitektur. Yang mana, memberi dukungan terhadap OpenGL 4.5.

'Bisa tidak kalau menggunakan GPU ber-OpenGL 3.x atau dibawahnya?' Karena keterbatasan perangkat keras GPU, Kami tidak menjalankannya di GPU berkemampuan OpenGL versi sebelum - sebelumnya jadi Kami tidak tahu. Baik. Sekarang Kita lihat spesifikasi laptop yang digunakan.

Lenovo ThinkPad Edge E3354 adalah laptop bertenaga Intel Graphics HD 4000 (iGPU Ivy Bridge i5-3230M) dan dGPU GeForce 610M. Dapat Kita lihat bersama, dengan bantuan OpenGL Extensions Viewer, HD 4000 mendukung API OpenGL 4.0 dan DirectX 11.

Sedangkan GeForce 610M, mendukung API OpenGL 4.5 dan juga DirectX 11.

'GPU Manakah yang bagus untuk NoxPlayer?' Sebelum Kami jawab, berikut spesifikasi lengkap kedua GPU tersebut.

GeForce 610M Fermi GF119.

Intel Graphics HD 4000 GT2 Ivy Bridge.

Bicara soal fitur dan sudah Kami sampaikan sebelumnya. GeForce 610M unggul berkat dukungan OpenGL 4.5. Sementara Intel Graphics HD 4000 memberikan performa yang bagus berkat Bus Width yang dimilikinya, yakni selebar 128 Bit. Namun sayangnya Intel Graphics HD 4000 hanya memberi dukungan OpenGL 4.0.

Baik. Berikut adalah informasi rinci untuk memasang NoxPlayer, PC/Laptop Kamu harus memenuhi persyaratan dan persyaratannya adalah:

  1. CPU AMD yang memiliki fitur AMDv dan dengan konfigurasi 4Cores 4Thread atau CMT (Clustered Multi-Thread) 2Modules 4Cores. Seri prosesornya meliputi APU Athlon, A8, A9, A10, A12 dan FX.
  2. CPU Intel yang memiliki fitur VT-x dan dengan konfigurasi HyperThreading 2Cores 4Threads atau 4Cores 4Threads dan disarankan adalah seri diatas Core i3.
  3. Sistem operasi Windows 7 SP1, Windows 8.1, Windows 10 64-bit.
  4. Net Framework 3.5, 4.0 dan 4.5. Pengguna Windows 10, pasang Net Framework 3.5. Pengguna Windows 8.1 dan 7 SP1, pasang Net Framework 4.0 dan 4.5.
  5. Microsoft Visual C++ Redistributable versi x86 juga x64 (2008, 2010, 2013 dan 2015).

'RAM ku sudah 4GB. Dipakai main R.O.S kok masih lag ya?' Memang 4GB adalah angka rekomendasinya tapi itu hanya untuk NoxPlayer nya saja. Dengan kata lain, butuh lebih dari 4GB kalau mau bermain R.O.S via NoxPlayer.

Dengan spesifikasi laptop Kami, Kami mendapat setingan default NoxPlayer seperti diatas.

'Bolehkah merubah 'Pengaturan Kinerja' nya?' Boleh saja tapi belum tentu membuatnya lebih baik. Kami telah mencoba merubahnya ke Tinggi tapi hasilnya, NoxPlayer mengalami 'force closed'. Jadi saran Kami, biarkan saja di nilai default.

Baik. Bisa Kita lihat. OpenGL Renderer Intel HD Graphics 4000 dan Rendering Mode nya DirectX. Bingung. Jadi begini. DirectX sebenarnya adalah sekumpulan (baca: Paket) API, yang didalamnya berisi Direct3D, DirectDraw dsb.

OpenGL, Metal, Vulkan, Mantle dan Direct3D adalah 3D Graphics Application Programming Interface (API) atau Kami lebih suka mengibaratkannya sebagai 'Jembatan'. Ada yang menyebutnya hardware-accelerated (Metal), ada juga yang mengatakan rendering API (Mantle). Singkatnya. Kesemua itu untuk mengolah gambar 2D dan 3D dan NoxPlayer memberikan 2 mode rendering grafis yaitu DirectX dan OpenGL.

NoxPlayer kan emulator Android. Android sendiri menggunakan "jembatan" OpenGL ES (OpenGL Embedded Systems). OpenGL ES dapat di render dengan mode OpenGL dan juga DirectX. OpenGL diterapkan di sistem operasi Linux sedangkan DirectX di Windows. Selain dapat di render dengan OpenGL dan DirectX. OpenGL ES juga bisa di render di mode Metal, tentu saja Metal hanya dapat digunakan di sistem operasi milik Apple yaitu iOS dan MacOS.

Kita sudah mengetahui kalau versi Android pada NoxPlayer adalah Android KitKat 4.4.2 dan Android versi tersebut mengimplementasikan OpenGL ES 3.0. OpenGL ES 3.0 dapat dirender menggunakan OpenGL 4.3 dan DirectX 11. 'Kalau OpenGL ES 3.1?' OpenGL ES 3.1 dapat dijumpai di sistem Android Lollipop (5.0 dan 5.1) hingga Android Nougat 7.1. Kalau untuk Android Oreo 8.0, Kami sendiri belum mengetahui apakah masih memakai OpenGL ES 3.1 atau sudah OpenGL ES 3.2. Dan OpenGL ES 3.1 dapat dirender via OpenGL 4.5 dan juga DirectX 11.

Baik. Gambar diatas menunjukkan spesifikasi laptop Lenovo ThinkPad Edge E3354-C7A yang di gunakan untuk bermain R.O.S di NoxPlayer. Lalu pengalaman bermain seperti apa yang bisa diberikan oleh laptop tersebut.

Secara default, Kami mendapat setingan seperti diatas. Kami hanya merubah FPS nya ke angka 50 karena menyesuaikan refresh rate monitor yang digunakan dan Kami menetapkan mode rendering OpenGL serta memilih menggunakan diskrit grafis GeForce 610M. Mengapa GeForce 610M? Di layar tampilan pilihan server pemainan R.O.S. Kalian akan melihat logo NVidia PhysX. Itu sudah kode bahwa R.O.S ada di GPU kubu hijau. Sekaligus juga menjadi informasi bagi sebagian orang yang menaifkan kemampuan GPU 64 Bit. 'Cuma 720p?' Yup. Mengingat kemampuan monitor laptop Kami yang bisa menerima resolusi 1366x768p saja jadi Sangat tidak bijak menerapkan resolusi di 1440x900p atau diatasnya.

Dapat Kalian lihat. Kami bisa menggapai setingan graphics Excellent.

Jika dilihat dari suhunya, memang agak mengkhawatirkan. Tapi secara keseluruhan lancar, gak nge-lag dan yang terpenting tidak mengalami force closed.

'Bang. Rekomendasi laptopnya apa?'. Laptopnya bisa merek apa saja asal dibekali dengan diskrit graphics dengan VRAM minimal 1GB. Karena  dalam pengujian ini laptop yang digunakan memiliki konfigurasi Dua Chip Grafis (Intel HD + GeForce). Kami menyarankan laptop dengan diskrit grafis GeForce 710M, GeForce 820M, GeForce 840M, GeForce 920M dan GeForce 930M.

'Apakah CPU nya harus core i5?' Iya, kalau Kalian mau bermain R.O.S dengan NoxPlayer. Core i5 5200U is a big deal. Tapi kalau hanya sekedar menjalankan NoxPlayer, Core i3 5005U sudah bisa melakukannya. Selengkapnya. Kalian bisa baca di Rekomendasi AMD dan Intel Laptop 2017. Baik. Demikian yang bisa Kami berikan. Semoga bermanfaat.