Berbagi File antara Android dan Windows (II)

Berbagi File antara Android dan Windows (II) 


 Beberapa saat yang lalu. Kami telah memberikan tips tricks serta tutorialnya bagaimana cara berbagi-pakai file antara sistem Android dan Windows. Nah, postingan kali ini adalah lanjutan dari postingan yang kami sebutkan tadi. Seperti apa? Check this one out! 


 Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa "mengobrol" dengan gadget Android kamu. Dari mencolokkannya langsung via USB, menginstall aplikasi atau bisa disebut juga asisten manager bawaan gadget misal Samsung KIES untuk device Samsung hingga menambahkannya via bluetooth. 

 
SuperBeam
 Namun ada satu cara yang lebih praktis dari mencolokkan secara langsung gadget Android ke PC/Laptop atau mengeluarkan memory MicroSD lalu menancapkannya via USB, yaitu dengan memanfaatkan jaringan WiFi. 

 'Jaringan WiFi! Emang bisa?', jawabannya tentu saja bisa. 

 Jaringan WiFi yang super cepat itu memberikan keuntungan transfer rate yang lebih cepat pula daripada saat menggunakan bluetooth sekalipun. 

 Baik SuperBeam maupun WiFi File Transfer sama-sama memanfaatkan teknologi File Transfer Protokol (FTP). Sedikit gambaran buat kamu. Jika kamu ingin mengirim sebuah file dari Android ke sistem operasi lain semisal Windows itu artinya gadget Android kamu bertindak sebagai FTP Server dan Windows yang menjadi tujuan file sebagai FTP Client, jangan terbalik ya dan gadget yang bertindak sebagai penerima file atau FTP Client harus menggunakan peramban untuk bisa mengakses serta menerima file dari FTP Server. 

 Ingin tahu tips trick serta tutorialnya? Berikut sajian lengkapnya. 

 
Buka PlayStore. Kemudian ketikkan SuperBeam pada search bar. Jika sudah ditemukan, sentuh 'Pasang' untuk melakukan pemasangan.

Ketika pemasangan selesai. Sentuh icon aplikasi SuperBeam untuk menjalankannya.

Untuk mengirim file menggunakan SuperBeam, sentuh 'Send' kemudian pilih file yang ingin dibagi-pakai. Sebaliknya bila ingin menerima file dengan SuperBeam, sentuh 'Receive'. Tapi fitur 'Receive' bisa kamu manfaatkan hanya ketika kamu menggunakan SuperBeam PRO.

Sejumlah uang yang harus dibayarkan ketika kamu ingin menikmati beberapa fitur PROnya.

Pengaturan lengkap SuperBeam. Kamu bisa berbagi-pakai file dengan kode QR yang harus kamu pindai.

Kami mencoba membagi-pakai sebuah file hasil screenshot ke PC yang Kami gunakan. Cukup dengan menyentuh file yang ingin dibagi-pakai. Jika sudah menentukan file yang ingin dibagi-pakai, sentuh ikon pesawat kertas putih didalam lingkaran biru untuk memulai membagi-pakai file.

Kamu bisa memberi centang pada opsi diatas kemudian sentuh 'Yes'.

Selanjutnya kamu bisa menerima file dengan memindai kode QR yang ditampilkan oleh SuperBeam.

Atau mengetikkan alamat http yang diberikan SuperBeam ke kotak pencarian browser yang akan kamu pakai.


 
Disini kami menggunakan Windows 8.1 Pro 64bit.

Kamipun menggunakan peramban Firefox paling baru saat membuat screenshot diatas.

Kemudian masukkan alamat http yang SuperBeam berikan pada kolom pencarian Firefox.

Jika sudah benar dalam memasukkan alamat httpnya, kamu akan disuguhkan file yang bisa kanu ambil. Bisa dilihat tampilannya jauh lebih sederhana dan lebih bersih dari WiFi File Transfer. Tapi setidaknya dengan WiFi File Transfer kita masih bisa menerima file dengannya meski tak lebih dari 5MB serta lebih disarankan menggunakan peramban Chrome agar lebih optimal.

Kemudian pilih 'Save File' lalu klik 'OK' untuk menyimpannya.

 
Ini dia file yang dibagi-pakai ke PC kami dan siap untuk dipublikasikan. Yeeey :)

 SuperBeam dan WiFi File Transfer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk versi gratis dari keduanya, WiFi File Transfer lebih unggul bila dibandingkan dengan SuperBeam lalu bagaimana dan apa kelebihan serta kekurangan versi PRO dari keduanya?. Bookmark ya blog ini (Ctrl+D) untuk mengetahui postingan selanjutnya dari kami atau bisa berlangganan melalui entri atom kami. Terimakasih atas kunjungannya ke blog kami. Have a good day, tetap semangat serta ceria and happy weekend  ^ _ ^ありがとうございました
.