Mengenal Lebih Dalam APU dan CPU seri Zen

Mengenal Lebih Dalam APU dan CPU seri Zen


ZEN.

Zen adalah nama kode untuk mikroarsitektur prosesor komputer dari AMD dan pertama kali digunakan dengan seri Ryzen CPU pada Februari 2017. Akan tetapi sistem berbasis Zen pertama kali didemonstrasikan pada acara E3 2016. CPU berbasis Zen pertama dengan nama sandi 'Summit Ridge' mencapai pasar pada Maret 2017, prosesor server Epyc yang diturunkan Zen diluncurkan pada Juni 2017 dan APU berbasis Zen tiba pada November 2017.

Mungkin ada yang kurang menyadari. Bahwa di Zen mikroarsitektur, untuk platform desktop, AMD juga menghadirkan CPU. Iya. CPU bukan APU. Kali ini AMD benar-benar mengelompokkan seri Athlon kedalam APU. Dahulu di soket FM1 dan FM2/FM2+. Athlon disebut sebagai APU. Akan tetapi menurut Kami hal tersebut kurang tepat karena Athlon soket FM1 dan FM2/FM2+ tidak terintegrasi dengan GPU. Sebagaimana konsep APU, dimana dalam satu paket terdapat CPU, NB, Memory Controller dan GPU.

Mengapa AMD sampai membuat 2 kelompok, CPU dan APU? Karena AMD menciptakan pasar high-end desktop (HEDT) dengan soket TR4 nya. AMD tak tanggung-tanggung menghadirkan 2 soket sekaligus untuk platform desktop yaitu, AM4 dan TR4. Tentu saja seri prosesor penghuni soket TR4 bukanlah APU dan memiliki nama Ryzen Threadripper serta hadir dengan rating TDP diatas 125 W. Jadi disain motherboard soket TR4 berbeda dengan soket AM4, soket mainstream.

RYZEN.

Ryzen desktop CPU gen. pertama mempunyai nama sandi 'Summit Ridge' serta mempunyai sistem penomoran Ryzen 1000 series. Sedangkan Ryzen desktop dan mobile APU gen. pertama mempunyai nama sandi 'Raven Ridge' dan sistem penomorannya Ryzen 2000 series.

Gambar diatas adalah tangkapan layar AMD Ryzen 3 1200. AMD Ryzen 3 1200 bukanlah APU, melainkan CPU dan ditujukan untuk platform desktop. Dapat dilihat di kolom spesification tidak ada kalimat with Radeon Graphics, yang menandakan bahwa Ryzen 3 1200 adalah CPU serta memiliki nama sandi 'Summit Ridge'.

Sedangkan gambar diatas adalah tangkapan layar APU platform desktop, Athlon 240GE dan Ryzen 3 2200G. Keduanya memiliki nama sandi 'Raven Ridge'. Selain kedua APU tersebut, ada APU Ryzen 5 2400G, yang juga anggota keluarga APU Zen desktop gen. pertama 'Raven Ridge'.

Bagus mana CPU atau APU? Sama bagusnya asal diperuntukkan sesuai dengan aktivitas komputasinya. Kalau Kami. Sejak era APU platform desktop soket FM1 dan FM2/FM2+, Kami tetap mengandalkan CPU. Mengingat aktivitas komputasi Kami yaitu menggambar dengan perangkat lunak AutoCAD serta CorelDraw, mengolah video menggunakan Adobe Premiere dan ber-HTPC ria alias menonton.

Kita sudah memberi sedikit bahasan tentang CPU dan APU Zen platform desktop. Bagaimana dengan APU Zen platform mobile? Bisa Kita lihat gambar diatas. Salah satu seri APU Zen mobile, Ryzen 5 2500U, yang mempunyai nama sandi 'Raven Ridge'. Meski APU tersebut berlabel 2500U, salah jika menyatakan APU tersebut adalah APU Zen gen. kedua. Ryzen 5 2500U dan Ryzen 2000 series 'Raven Ridge' lainnya adalah APU gen. pertama Zen mikroarsitektur. Sedangkan APU gen. kedua, seperti Athlon 300U, Ryzen 3 3300U, Ryzen 5 3500U dan Ryzen 7 3700U, membawa mikroarsitektur Zen+ serta memiliki nama sandi 'Picasso'.

Kesimpulannya. Salah besar jika menyatakan Ryzen 5 2500U adalah APU mobile gen. kedua. Ryzen 5 2500U adalah APU mobile gen. pertama, dengan core mikroarsitektur Zen yang memiliki nama sandi 'Raven Ridge'. Sementara APU desktop, Ryzen 3 2200G, juga APU gen. pertama. Sedangkan CPU desktop, Ryzen 3 1200, CPU gen. pertama dengan core mikroarsitektur Zen tapi memiliki nama sandi 'Summit Ridge'.

Baik. Sampai disini tulisannya. Semoga bermanfaat dan membantu. Selamat berburu CPU desktop Zen mikroarsitektur dan laptop bertenaga APU mobile Zen mikroarsitektur. Butuh rekomendasi laptop APU mobile Zen mikroarsitektur? Kami beri di postingan selanjutnya.