Logitech Unifying di Ubuntu

Logitech Unifying di Ubuntu


Logitech Unifying.

Ada yang belum mengetahui fitur Unifying milik Logitech? - Hi! Kerabat Gembos Nge-Blog. Terima kasih atas kesetiannya. Apa kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan baik-baik saja. Kami pernah memberi postingan Mengenal Lebih Dalam Tentang Unifying. Tak ketinggalan. Kami juga memberikan langkah-langkah pemasangannya.

Bagi pengguna sistem Windows, untuk menikmati fitur Logitech Unifying bukanlah perkara sulit. Tapi bagi pengguna keluarga sistem operasi (OS) GNU/Linux untuk dapat menikmati fitur tersebut, pengguna harus melakukan pemasangan piranti lunak pendukung menggunakan baris perintah yang dilakukan melalui terminal.

Sedihnya Logitech tidak menyediakan piranti perangkat lunak Logitech Unifying untuk keluarga sistem operasi GNU/Linux. Dapat Kita lihat bersama di laman unduhan Logitech Unifying bahwa Unifying Software hanya mendukung sistem operasi Windows, Mac OS X dan juga Chrome OS. Sangat disayangkan ya. 'Lalu bagaimana dengan pengguna sistem operasi GNU/Linux?'

Solaar.

Adalah aplikasi Solaar yang dapat menyatukan setiap perangkat Logitech yang berlogo Unifying. Namun menggunakan aplikasi Solaar bukan tanpa persyaratan. Sistem operasi GNU/Linux yang digunakan setidaknya sudah menggunakan Kernel 3.2+. Selain itu Solaar juga membutuhkan Python 2.7.3 atau 3.2+ dan juga Gtk3 untuk GUI nya. Tapi jika OS GNU/Linux yang digunakan adalah distribusi GNU/Linux moderen, lampu hijau buat Kalian untuk memasang Solaar.

Sebelum melakukan pemasangan Solaar. Pastikan OS GNU/Linux Kalian terhubung ke internet lalu ketikkan perintah sudo apt update && sudo apt upgrade -y . Lalu masukkan password SU nya dan tunggu hingga selesai. Setelah itu ketikkan sudo apt install solaar .

'Kok gak kelar-kelar ya proses update and upgrade?' Dapat dipastikan sistem operasi GNU/Linux Kalian mendapat update and upgrade besar-besaran.

Berikutnya ketik y lalu tekan enter untuk memulai pemasangannya dan tunggu hingga selesai.

'Kok masih gak ter-unifying? Padahal USB Unifyingnya sudah nancep di port USB?' Coba matikan atau off kan perangkat Logitech nya terlebih dahulu lalu nyalakan atau on kan kembali. Jika masih belum terunifying, matikan kembali perangkat Logitech nya dan cabut USB Unifyingnya. Setelah itu, tancapkan kembali USB Unifying dan nyalakan perangkat Logitach nya.

Perangkat Logitech M325 dan K270 Kami berhasil terunifying di keluarga OS GNU/Linux Ubuntu Mate dan Ubuntu Gnome.

Akhir kata. Menggunakan OS dari keluarga GNU/Linux bukanlah hal yang mengerikan. Sistem operasi dari keluarga GNU/Linux sangat fleksibel dan tidak membuang - buang waktuSekian tulisan dari Kami. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Selamat beraktifitas.