Menikmati Compiz di Ubuntu 18.04.1 LTS Bionic Beaver Mate 1.20.1

Menikmati Compiz di Ubuntu 18.04.1 LTS Bionic Beaver Mate 1.20.1


Hi! Kerabat Gembos Nge-Blog. Terima Kasih atas kesetiannya. Apa kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan baik - baik saja. Pada kesempatan kali ini. Kami menyajikan tulisan tentang Compiz. Bagi pengguna sistem operasi Ubuntu atau GNU/Linux maupun turunan UNIX-Like tentu sudah tidak asing lagi dengan Compiz. Lantas apa Compiz itu?

Compiz adalah window manager compositing untuk Sistem X Windows seperti GNU/Linux. Menggunakan perangkat keras grafis 3D atau chip grafis pada system PC/Laptop untuk membuat atau merender efek desktop yang indah dan cepat. Compiz menggunakan pustaka OpenGL sebagai antarmuka ke perangkat keras grafis. Compiz juga dapat digunakan sebagai pengganti Mutter atau Metacity saat menggunakan panel GNome atau KWin di KDE Plasma.

Sayangnya keindahan Compiz tidak sepenuhnya didukung oleh piranti perangkat keras yang beredar di pasaran. Tapi tenang. Selama perangkat keras yang Kamu miliki keluaran 5 sampai 6 tahun kebelakang, sepenuhnya mendukung Compiz. Kami memang tidak mencobanya di semua hardware khususnya GPU tapi di GPU dengan dukungan kemampuan OpenGL 4.0, seperti pada sistem Intel platform Ivy Bridge (HD4000) dan AMD APU Llano dan Brazos serta grafis diskrit Radeon HD 6000 Series, sudah bisa menjalankan Compiz.

Jika sistem yang Kamu gunakan di pastikan mampu me-render Compiz. Langkah selanjutnya yang  harus dilakukan adalah memasang Compiz itu sendiri ke dalam sistem operasi GNU/Linux yang digunakan.

Dalam tutorial kali ini. Kami menggunakan sistem platform AMD APU kelas ultra-mobile, Brazos, dan Ubuntu Mate.

Sebelum memasang Compiz. Pastikan sistem Kamu terhubung ke dalam jaringan. Kemudian lakukan pemeriksaan update dan upgrade. Ketikkan perintah sudo apt update && sudo apt upgrade -y . Tunggu hingga selesai.

Selanjutnya ketikkan perintah sudo apt install compiz . Tulisan yang Kamu dapati pada terminal mungkin saja berbeda dari tutorial ini. Sebab di sistem Kami, Compiz sudah terpasang sempurna dan sekaligus sebagai bukti bahwa memang Kami memasang Compiz di sistem operasi Ubuntu Mate Kami. 

Berikutnya ketikkan sudo apt install compizconfig-settings-manager compiz-plugins-extra dan tunggu hingga selesai.

Jika tidak mendapati pesan error, selamat Compiz terpasang sempurna dan selanjutnya tinggal mengaturnya. Mengingat Compiz adalah aplikasi "penghias", selera orang bisa saja berbeda - beda dalam menerapkan efek, transisi dll. Tapi Kami berikan link yang mungkin bisa menjadi rujukan dalam mengatur Compiz. Berikut linknya, DISINI! atau DISINI! .

Baca DISINI! cara untuk memasang Compiz di Ubuntu 12.04.1 LTS.

Akhir kata. Sangat menyenangkan menggunakan sistem operasi turunan GNU/Linux. Kita bebas melakukan apapun terhadapnya. Menghiasnya hingga meningkatkan performanya. Selamat berkreasi dengan Compiz. Seperti biasa. Semoga tulisan kali ini bemanfaat dan menginspirasi.