Membuat RAM Disk di Ubuntu

Membuat RAM Disk di Ubuntu


RAM Disk di Ubuntu.

Hi! Kerabat Gembos Nge-Blog. Apa kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan baik - baik saja ya. Baik Kita langsung saja. Kami pernah berikan bahasan 5 Software RAM Disk Terbaik beserta cara menggunakannya. Jika Kamu pengguna system operasi Windows, untuk bisa merasakan RAM disk, Kamu butuh bantuan perangkat lunak pihak ketiga atau proprietary meski hanya untuk meningkatkan performa perangkat lunak Firefox atau Chrome browser.

Apalagi jika Kamu perlu kapasitas RAM disk lebih dari 4GB, katakanlah 5GB. Kebanyakan dari perangkat lunak RAM disk proprietary yang ada, sebut saja DATARAM RAMDisk dan Soft Perfect RAMDisk, akan memintamu sejumlah uang. 'Lantas bagaimana jika di system operasi turunan GNU/Linux, semisal Debian dan Ubuntu?' Tidak. Kamu tidak perlu membayar sepeserpun untuk ruang RAM disk sebesar 4GB atau lebih dari itu dan bahkan Kamu tidak perlu menggunakan perangkat lunak pihak ketiga a.k.a proprietary.

'Benarkah?' Iya. Tapi perlu diingat bahwasanya RAM Disk bekerja dengan cara mengambil kapasitas RAM dan menjadikannya sebagai disk basic (primary partition). Oleh karena itu. Pastikan memory (RAM) system Kamu berlebih.

Ini adalah spesifikasi system operasi dan perangkat keras yang di gunakan.

Sekarang jalankan Terminalnya.


  • Perintah pertama, ketikan sudo mkdir /mnt/RAM_disk, enter lalu masukan password sudo nya. Perintah tersebut adalah perintah untuk membuat direktori baru atau sub-direktori bernama RAM_disk didalam ditektori /mnt. Kamu pun bisa membuat sub direktori dengan nama, misal booster, di dalam direktori /media. Jika ingin seperti itu, maka perintahnya adalah sudo mkdir /media/booster.
  • Selanjutnya, ketikan perintah sudo cp /etc/fstab /etc/fstab.bak. Perintah tersebut adalah perintah copy-paste berkas fstab dan bertujuan untuk membuat cadangan dari berkas tersebut, yang ada di direktori /etc dan di beri nama fstab.bak.
  • Sekarang buka berkas fstab nya menggunakan aplikasi editor. Ketikan perintah sudo pluma /etc/fstab. Mengingat Kami menggunakan sistem operasi Ubuntu Mate, maka aplikasi baku teks editornya adalah Pluma. Kalau Kamu menggunakan Linux Mint Cinnamon, maka aplikasi teks editornya adalah Xed.

Lalu salin dan tempel text berikut di baris terakhir, tmpfs     /mnt/RAM_disk     tmpfs     rw,size=512M,x-gvfs-show     0 0. Perhatikan dimana letak direktori RAM disk nya dan jika Kamu menginginkan 2GB RAM disk, maka ganti 512 nya menjadi 2048. Jika sudah, klik 'Simpan' lalu tutup aplikasi text editornya.

Selanjutnya ketikan sudo mount -a. Jika semua dilakukan dengan benar, seharusnya direktori untuk RAM disk yang dibuat berhasil di mount.

Selanjutnya buat cadangan untuk RAM disknya. ketikan sudo mkdir /mnt/RAM_disk_backup. Disarankan agar berkas RAM disk backup dengan RAM disknya berada di direktori yang sama. Selanjutnya ketikan sudo setfacl -m user:e450:rwx /mnt/RAM_disk_backup. Ganti usernya menjadi user system Kamu.

Edit berkas load.service dari RAM disknya menggunakan aplikasi teks editor. Ketikan perintah, sudo pluma /lib/systemd/system/ram_disk_load.service.

Salin dan tempel teks berikut.


[Unit]
Description=A script that save and restore the data on the RAM disk
Before=umount.target
[Service]
Type=oneshot
User=e450
ExecStart=/usr/bin/rsync -ar /mnt/RAM_disk_backup/ /mnt/RAM_disk/
ExecStop=/usr/bin/rsync -ar /mnt/RAM_disk/ /mnt/RAM_disk_backup/
RemainAfterExit=yes

[Install]
WantedBy=multi-user.target

Pastikan usernya adalah user system Kamu. Kemudian klik 'Simpan'.

Kemudian ketikan sudo systemctl enable ram_disk_load.service.

Kemudian ketik crontab -e. Lalu ketikan * * * * * rsync -ar /mnt/RAM_disk/ /mnt/RAM_disk_backup/. Tekan Ctrl+O lalu tekan Enter. Lalu tekan Ctrl+X untuk menutupnya. Selesai dan selamat Kamu telah berhasil membuat RAM disk. Selanjutnya Kamu bisa memanfaatkannya, seperti untuk tempat cache Firefox maupun Chrome

Akhir kata. Sangat nyaman menggunakan sistem operasi Ubuntu maupun turunan GNU/Linux lainnya. Semoga tulisan kali ini bermanfaat dan memberikan inspirasi. Selamat berkreasi dengan sistem GNU/Linux.