Update BIOS Lenovo ThinkPad Edge E335 - 4C7A (II)

Update BIOS Lenovo ThinkPad Edge E335 - 4C7A (II)


BIOS UEFI.

Hi! Kerabat Gembos Nge-Blog. Apa kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan baik- baik saja dan tak kurang suatu apapun. Di semester ke dua tahun 2017. Kami memberikan tulisan Update BIOS Lenovo ThinkPad Edge E335 - 4C7A. Benar itu sudah satu tahun yang lalu dan dipertengahan tahun 2018 ini, Lenovo kembali memberikan pembaruan BIOS UEFI untuk laptop model seri ThinkPad Edge E330 dan seri Lenovo V480.

Kami tidak menyangka jika Lenovo masih perhatian dengan memberikan pembaruan BIOS UEFI tapi sayangnya mereka sudah tidak memberikan pembaruan driver untuk Windows 7 64bit, terutama driver untuk chip grafis. Bicara tentang vendor laptop Lenovo. Ada hal yang sangat Kami tidak suka dari mereka yaitu menyusahkan penggunanya untuk urusan penggantian komponen baterai. Mereka benar - benar bisa membuat Kami harus menggunakan baterai original. Kami tidak mempersoalkan harganya tapi komponen tersebut cukup sulit didapat di daerah dimana Kami tinggal. Jika dipaksakan menggunakan baterai OEM (Original Equipment Manufacturer) dan laptop ThinkPad Edge mengenalinya sebagai komponen yang tidak original, maka laptop tersebut tidak akan melakukan pengisian baterai.

Baik kembali ke bahasan. Cara - cara pembaruan versi BIOS UEFI kali ini tidak ada perbedaan dengan versi - versi sebelumnya dan sebelum melakukan pembaruan. Pertama Kalian harus menghubungkan laptop ke AC Cord dan berharaplah agar listrik rumah tidak 'jegleg' atau padam selama proses update BIOS UEFI. Dikarenakan pembaruannya melalui sistem operasi Windows, pastikan OS Windows yang digunakan bebas dari virus serta akhiri proses latar belakang seperti antivirus, CCleaner, IDM, Greenshot, Sentinel, BitTorrent maupun torrent client lainnya hingga proses latar belakang lainnya yang tidak penting. Terakhir. Jangan melakukan aktifitas komputasi lain selama memperbarui BIOS UEFI. Intinya dukung OS Windows mu agar fokus dalam membantu memperbarui BIOS UEFI.

HARAP MEMBACA TERLEBIH DAHULU TULISAN INI HINGGA SELESAI! KAMI JUGA TIDAK BERSEDIA BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEGALA BENTUK KERUSAKAN.

Baik. Dalam tutorial ini Kami menggunakan Windows 7 64bit SP1  lalu unduh berkas BIOS Update Utility nya DISINI!. Pastikan Kalian mengunduh berkas yang benar. Nama berkasnya adalah h3uj79ww dan versi berkasnya 1.16.

Gambar menunjukkan BIOS UEFI versi sebelumnya yang ada ditulisan Update BIOS Lenovo ThinkPad Edge E335 - 4C7A.

Sekarang eksekusi berkas BIOS Update Utility nya dengan Run as Administrator dan memiliki BIOS ID H3ET79WW.

Pilih 'I accept the agreement', kemudian klik 'Next'. Klik 'Next' lagi di jendela berikutnya.

Centang 'Launch ThinkPad BIOS Update Utility now', lalu 'Finish'.

Pilih 'Update ThinkPad BIOS' lalu 'Next'. Tapi jika ini kali pertama Kalian memperbarui BIOS. Pilih dulu 'Update model number' kemudian 'Next' lalu ikuti perintah yang diberikan.

Setelah mimilih 'Update ThinkPad BIOS'. Selanjutnya ikuti perintah yang diberikan. Proses update BIOS membutuhkan waktu 5 hingga 7 menit. Meski begitu Kalian tetap harus melaksanakan perintah - perintah yang di berikan dengan benar. Kemudian 'Next'.

Jika Kalian takut dan hendak mengurungkan niat memperbarui BIOS UEFI, Kalian masih diberi kesempatan dengan mimilih 'No'. Memperbarui BIOS UEFI bukan hanya tentang modal nekat sebab kegagalan dalam memperbarui BIOS UEFI adalah kematian laptop/PC Desktop.

Bagi sebagian orang, memperbarui BIOS UEFI adalah sesuatu yang mahal tapi bagi Kami adalah sesuatu yang berharga. Jadi sangat disayangkan bila Kami tidak melakukannya. Baik. Jika 'Yes' yang dipilih, maka selanjutnya laptop akan memulai ulang dan masuk ke mode flashing. Jaga dan tunggu proses flashing hingga selesai dan jangan melakukan tindakan ceroboh yang bisa mematikan laptop.

Bila sudah selesai. Selanjutnya laptop akan memulai ulang dan masuk ke Windows. 'Tapi kenapa tidak bisa masuk Windows? dan ada pemberitahuan file boot hilang' Jangan panik. Matikan paksa laptopnya lalu nyalakan kembali dan segera tekan tombol Enter beberapa kali lalu pilih opsi masuk BIOS. Lakukan 'Load Default' lalu 'Save and Reset', Enter. Kemudian tekan kembali Enter beberapa kali lalu pilih opsi masuk BIOS.

Dikarenakan sistem operasi yang digunakan adalah Windows 7, cari opsi berikut di BIOS:
- Startup
  - UEFI/Legacy Boot, atur ke [Both].
  - UEFI/Legacy Boot Priority, atur ke [Legacy First]
  - CSM Support, atur ke [Yes]
- Security
  - UEFI BIOS Update Option
     - Secure Rollback Prevention, atur ke [Disabled]
  - Secure Boot
     - Secure Boot, atur ke [Disabled]
Lalu 'Save and Reset', Enter.

'Masih tidak mau Boot'. Masuk kembali ke BIOS. Cari lalu rubah mode harddisknya ke mode [AHCI].

Akhirnya BIOS UEFI laptop Lenovo ThinkPad Edge E335 - 4C7A Kami menggunakan versi terbaru.

Sekian tulisannya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Sampai jumpa di postingan menarik selanjutnya.