Update Driver 'Radeon-Mu' ke Adrenalin 2019 Edition 19.1.1

Update Driver 'Radeon-Mu' ke Adrenalin 2019 Edition 19.1.1


AMD Radeon Software Adrenalin 2019 Edition.

Hi! Kerabat Gembos Nge-Blog. Apa kabar? Semoga senantiasa dalam keadaan baik-baik saja ya. Baik. Memasuki tahun 2019. AMD memberikan pembaruan driver Adrenalin Editionnya. Awalnya Kami mengira bahwa AMD akan memberi "nama" baru untuk driver terbarunya tersebut. Namun sepertinya Kami salah.

Ya. AMD masih menggunakan nama 'Adrenalin' untuk versi drivernya. Terhitung sejak akhir tahun 2017, ini tahun ke dua nama 'Adrenalin' dipakai AMD. Berbeda dengan penamaan Software Adrenalin sepanjang tahun 2018. Di versi ini. AMD hanya membubuhkan angka '2019' diantara nama versi drivernya.

Sebelum melakukan pembaruan. Sebaiknya Kita lihat gambar berikut.

Sudah roadmapnya AMD di penghujung tahun selalu memberikan sesuatu yang baru pada penamaan driver - drivernya. Namun sesuatu yang baru tersebut hanya deretan angka yang membentuk '2019'. Itu mengingatkan Kami pada penamaan driver untuk tahun 2015 dan 2016. Dimana di tahun 2015 AMD mengumumkan nama Radeon Software Crimson Edition sedangkan tahun berikutmya AMD mengumumkan nama Radeon Software Crimson ReLive Edition.

Seperti yang bisa Kita lihat. Paket driver Radeon Software Adrenalin 2019 Edition 18.12.2 berisi OpenGL dan OpenCL serta Vulkan.

'Bagaimana cara memasangnya?' Sebelum kesitu. Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu DISINI!

Lalu pilih produk AMD yang Anda gunakan. Apakah itu kartu grafis, kartu grafis profesional, prosesor dengan grafis terintegrasi atau chipsets untuk papan induk soket AM3/AM3+ dan AM4 serta TR4. Lalu pilih modelnya kemudian klik 'SUBMIT'.

Setelah itu pilih sistem operasi yang digunakan. Selanjutnya klik 'DOWNLOAD'. Cukup mudah bukan.

'Saya menggunakan platform desktop AM3/AM3+. Apa sajakah yang harus Saya unduh?'. Driver Chipsets dan Graphics atau Professional Graphics, itu jika menggunakan kartu grafis AMD Radeon. Tapi jika tidak, cukup unduh driver Chipsetsnya saja.

Sementara untuk platform desktop FM1 maupun FM2/FM2+. Bila Anda menggunakan Athlon FM1 atau FM2/FM2+ serta tidak menggunakan kartu grafis AMD Radeon, maka tidak ada yang perlu di unduh. Tapi jika Anda menggunakan kartu grafis, maka yang diunduh cukup driver Graphics atau Professional Graphics (tergantung kartu grafis yang digunakan).

'Bagaimana jika menggunakan APU dan kartu grafis?'. Bila konfigurasi yang Anda terapkan adalah Dual-Graphics, driver yang diunduh cukup driver Processors with Graphics. Tapi jika konfigurasinya adalah CrossFire, maka Anda perlu mengunduh driver Graphics. Sementara bila kartu grafis yang digunakan adalah professional graphics. Selain mengunduh driver Processors with Graphics, Anda juga harus mengunduh driver Professional Graphics.

Sementara untuk platform desktop AM1. Baik itu menggunakan APU Athlon atau Sempron serta menggunakan kartu grafis atau tidak, cukup unduh driver Processors with Graphics. Tapi bila menggunakan kartu grafis professional, unduh juga driver Professional Graphicsnya.

'Baik. Lalu bagaimana cara memasang drivernya?'. Caranya ada DISINI! Bila mendapati pesan error setelah memasang driver, silakan mampir ke Panduan Lengkap Menghapus dan Memasang Driver AMD lalu ulangi proses pemasangan drivernya.

Sekarang mari Kita lihat isi paket driver Radeon Software Adrenalin 2019 Edition 19.1.1.

Platform yang Kami gunakan adalah desktop FM2/FM2+ Windows 7 SP1 64 bit. Menggunakan CPU Athlon X4 845 dan kartu grafis RX460. Maksimalkan kemampuan GPU AMD Radeon dengan AMD Radeon Software Adrenalin 2019 Edition.

Paket driver berisi driver AMD Audio, OpenGL, OpenCL dan Vulkan.

Mungkin pertanyaan berikut pernah terlintas dipikiran. Bisa tidak Kita merasakan teknologi OpenGL, OpenCL, Vulkan dan Mantle API dan pada saat apa Kita bisa merasakan teknologi - teknologi tersebut. Bahkan tak sedikit yang menganggap itu semua gimmick semata. Selain itu. Tak sedikit pula yang berkeluh kesah. Sejak grafis Radeon dibekali SIP Core UVD dan VCE, mereka tidak bisa lagi menikmati AMD APP Acceleration. Benarkah demikian? Baik. Kami akan bahas itu semua di tulisan berikutnya.

Akhir kata. Selamat memperbarui driver ekosistem AMD Anda. Memperbarui driver bukanlah kegiatan yang melelahkan apalagi menyusahkan jadi lakukan pembaruan driver secara berkala. Semoga tulisan ini bermanfaat. Bila mengalami kesulitan saat melakukan update driver, jangan sungkan untuk meminta bantuan.