Memahami Lebih Dalam ATi AVIVO, AMD UVD, VCE hingga VCN
|
Gembos Nge-Blog, SIDOARJO - Apa kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan baik - baik saja
dan tidak kurang suatu apapun. Baik. Unified Video Decoder a.k.a
UVD adalah chip sirkuit terpadu (ASIC) yang disesuaikan untuk
penggunaan tertentu dan tidak dimaksudkan untuk penggunaan umum. Dalam hal
ini fungsi UVD sebagai akselerator video yang bertugas melakukan
dekompresi video.
Masih ingat dalam ingatan Kami.
AMD, untuk pertama kalinya, memberikan fitur UVD pada kartu grafis
mikroarsitektur Terascale dipertengahan tahun 2007. Kami pun membeli kartu grafis HD 2400 PRO demi bisa merasakan
UVD, HIS HD 2400 PRO 256MB 64bit DDR2 tepatnya.
Tapi jauh sebelum hadirnya UVD. GPU
Radeon
mempunyai fungsi Video Immersion,
Video Immersion II, Video Shader,
Video Shader HD dan ATi AVIVO . Kami tidak akan mengupas
tentang fungsi video akselerasi sebelum ATi AVIVO, umumnya
disebut AVIVO, karena di era tersebut Kami belum punya sumber
daya untuk menikmatinya.
ATi AVIVO
Apa itu ATi AVIVO? ATi AVIVO adalah serangkaian fitur
perangkat keras dan perangkat lunak tingkat rendah yang debut perdananya
pada keluarga kartu grafis mikroarsitektur
Radeon R500 atau GPU Radeon X1000 series. AVIVO sebenarnya kependekan dari
ATi Video-In Video-Out.
Logo ATi AVIVO (2005 - 2007). |
ATi juga memperkenalkan fitur transcoder bernama
ATi AVIVO Video Converter, yang mendukung video codec H264, VC-1,
WMV9, MPEG-2, MPEG-4 dan DivX. Tapi kabarnya
fitur tersebut dikunci untuk penggunaan eksklusif dengan
GPU seri ATi Radeon X1000.
AVIVO dirancang untuk mengeluarkan video decoding,
encoding dan post-processing dari CPU ke
GPU yang kompatibel. GPU yang kompatibel dengan
AVIVO memiliki penggunaan CPU yang lebih rendah ketika
pemutar dan perangkat lunak decoder yang mendukung
ATi AVIVO digunakan. Artinya selain dibutuhkan kartu grafis yang
mendukung fitur tersebut juga wajib menggunakan perangkat lunak tingkat
rendah seperti drivers dan pemutar video yang memberikan
opsi ATi AVIVO.
Menurut Kami dalam tugas decoding, ATi AVIVO masih
mewarisi fitur Video Shader yang menggunakan
Pixel Shader untuk meningkatkan kualitas pemutaran video.
Selain itu juga dapat digunakan untuk melakukan post-processing,
seperti menambahkan film grain atau menambahkan efek khusus
lainnya. AVIVO mendukung vector adaptive de-interlacing dan
video scaling untuk mengurangi jaggies serta
spatial/temporal dithering, yang mencoba mensimulsasikan kualitas
warna 10-bit pada tampilan 8-bit dan/atau 6-bit selama tahap
proses.
Namun dalam tugas encoding, GPU Radeon era
ATi AVIVO memiliki AVP (Advanced Video Processor).
Tugas AVP adalah mengambil video dari
memori kemudian melakukan penskalaan, de-interlacing,
colour corection lalu menulisnya kembali ke memori.
AVP juga menggunakan transformasi 12-bit untuk mengurangi
kehilangan data selama proses konversi video.
ATi AVIVO HD, UVD
AVIVO pun memiliki penerus yaitu AVIVO HD. Teknologi ini
memberikan dukungan mulai dari GPU seri
Radeon HD 2000 hingga beberapa seri
Radeon HD 4000 dengan mikroarsitektur
TeraScale 1. Teknologi tersebut memungkinkan penanganan video codecs
H264/AVC dan VC-1 seluruhnya dilakukan di
hardware termasuk bitstrem processing/entropy decoding, juga
motion compensation dan IDCT (Inverse Discrete Cosine Transform) pada video codecs MPEG-1, MPEG-2 dan
MPEG-4/DivX. Sedangkan
bitstream processing/entropy decoding MPEG-2 tidak
dilakukan oleh UVD melainkan Unified Shaders.
Artinya sebagian besar tugas video decoding dilakukan oleh
Unified Video Decoder (UVD). Apa itu UVD?
UVD adalah ASIC atau sirkuit terpadu. Berkat UVD,
tugas video decoding sudah tidak membutuhkan
CPU kecuali MPEG-2. Meski dialihkan keluar UVD,
tapi proses tersebut masih dikerjakan di area GPU (3D Engine). Ini jauh lebih baik dari teknologi sebelumnya yang harus dioper ke
CPU.
Jadi GPU Radeon era ATi AVIVO HD, selain memiliki
AVP juga dibekali UVD dan kabar baiknya fitur
ATi AVIVO Video Converter mendukung GPU-GPU
tersebut. Jika dibandingkan dengan platform yang Kami gunakan
nForce 410 dengan
GeForce 6150
kala itu,. Jelas GPU Radeon mikroarsitektur
TeraScale 1 begitu menarik. Meski GeForce 6150 telah
dibekali IC PureVideo, Kami memilih untuk mencoba
HIS HD 2400 PRO 256MB 64bit DDR2.
VCE
Sebelum ke VCE, Kami bahas terlebih dahulu UVD. Penyebutan
UVD telah dipakai hingga GPU mikroarsitektur
GCN (Graphics Core Next) 5th gen. dengan nama kode
Radeon Vega dan versi terakhirnya adalah 7.2 yang terdapat pada
Radeon Vega 20 dan istilah UVD digunakan sejak
GPU keluarga mikroarsitektur TeraScale.
Sedangkan VCE pada GPU Radeon adalah kependekan dari
Video Code Engine. Ada yang menyebutkan bahwa
VCE sama seperti UVD, yaitu ASIC atau sirkuit terpadu. Tapi
menurut Kami kurang tepat. Coba perhatikan gambar dibawah ini.
VCE mempunyai dua mode yaitu full-fixed dan hybrid mode. Ini adalah gambar diagram blok ketika VCE mode tetap. Dalam mode tersebut seluruh perhitungan dilakukan oleh, bisa dikatakan Unified Shaders dan mode tersebut dapat diakses melalui OpenMAX IL (Integration Layer) API.
Selanjutnya adalah diagram blok ketika VCE mode hibrida. Blok entropy encoding juga dapat diakses secara terpisah menggunakan AMD APP (Accelerated Parallel Programming) dan OpenCL API. Dalam mode tersebut sebagian besar komputasi dilakukan oleh 3D Engine dan sesuai dengan jumlah Compute Units (CUs) yang tersedia.
Keberadaan VCE dapat dirasakan mulai GPU seri
Radeon HD 7000 tapi hanya GPU keluarga mikroarsitektur
GCN (Graphics Core Next). Jadi tidak semua karena seri
GPU tersebut ada yang membawa mikroarsitektur
TeraScale 3 bahkan TeraScale 2.
AMD APP ACCELERATION TECHNOLOGY
Kita mundur kebelakang. Jauh sebelum AMD mempersembahkan
VCE, mereka lebih dulu menciptakan fitur
Accelerated Parallel Processing yang diberi nama
AMD APP ACCELERATION TECHNOLOGY. Jelas bahwa ini bukanlah
ASIC atau sirkuit terpadu, melainkan serangkaian teknologi atau
fitur perangkat keras dan perangkat lunak yang membuat GPU bekerja
sama dengan CPU dalam keberagaman.
Singkatnya teknologi tersebut memanfaatkan GPU untuk komputasi atau
kalkulasi floating-point yang umumnya disebut
GPGPU (General-Purpose computing on Graphics Processing Units). Oleh karenanya membutuhkan dukungan, dalam hal ini API,
OpenCL atau DirectCompute serta blok
entropy encoding.
Teknologi ini mendukung mulai dari GPU R700 (ATi Radeon HD 4000
series), tepatnya dengan nama kode RV73x series,
RV74x, RV77x dan RV79x series. Praktis
teknologi ini menggantikan ATi AVIVO Video Converter. Selain hanya
bisa diakses melalui Catalyst Control Center, Anda masih harus
memasang
AMD Media Codec Package
untuk sistem Windows 7/lebih baru atau memasang
ATi AVIVO Codec Package
untuk sistem Windows 7/sebelumnya.
VCN
Selanjutnya ada VCN kependekan dari Video Core Next. Istilah
ini sering membuat bingung. VCN, GCN, banyak yang keliru
disini. Ingat ya kalau GCN adalah mikroarsitektur
Graphics Core Next sedangkan VCN (Video Core Next)
adalah ASIC atau sirkuit terpadu dengan fungsi decoding,
encoding dan transcoding. Jadi VCN menghapus istilah
UVD dan VCE.
Jajaran produk AMD yang menghadirkan VCN adalah seri
APU Raven Ridge. Sayangnya untuk seri kartu grafis
Vega masih membawa UVD dan VCE terpisah. Itu bukan
masalah sebab seri kartu grafis tersebut tetap mempunyai kemampuan
decoding, encoding, baik secara full-fixed maupun
hybrid, serta transcoding. Dalam perkembangannya,
VCN telah mencapai versi 3.0 dan dapat dijumpai pada
GPU keluarga mikroarsitektur
RDNA.
Kesimpulan
Jika Kami melihat perjalanan Radeon dan NVidia sama-sama
berusahan memberikan yang terbaik dalam hal multimedia. Pihak
Radeon menciptakan ATi AVIVO lalu diteruskan
ATi AVIVO HD. Sedangkan pihak NVidia menciptakan
VPE (Video Processing Engine). Lalu VPE diteruskan
PureVideo, di Radeon ini disebut UVD dan keduanya
adalah sirkuit terpadu.
Lalu NVidia membuat fitur NVCUVID atau yang sekarang disebut
NVidia NVDEC. Nah menurut Kami VCE pada Radeon serupa
NVCUVID pada NVidia. Keduanya adalah fungsi. Mengapa Kami
bisa menyimpulkan dimikian? karena NVCUVID mempunyai 2 mode,
full fixed-function dan partially. NVCUVID dapat
memindahkan dekode video ke perangkat keras decode
full fixed-function (PureVideo) atau sebagian melalui
perangkat lunak
CUDA
yang berjalan di GPU jika fixed-function tidak tersedia.
Jika pada Radeon, VCE memindahkan dekode ke perangkat keras
decode fixed mode (UVD) atau
hybrid mode melalui perangkat lunak yang juga berjalan di
GPU dan sesuai dengan jumlah CUs yang tersedia. Jika di
NVidia perangkat lunak tersebut adalah CUDA yang sekaligus
menjadi penyebutan core grafiknya, di Radeon perangkat lunak
tersebut adalah AMD APP.
Di Radeon penyebutan core grafik awalnya adalah
Shader Processors lalu berganti menjadi Unified Shaders.
Sedangkan di NVidia, seingat Kami, semula adalah
Stream Processors dan kini menjadi CUDA cores. Hanya
saja di Radeon ketika Unified Shaders menjalankan
bahasa C dan C++ mendapat julukan Compute Units (CUs).
Ketika Anda membaca spesifikasi GPU sistem Anda menggunakan GPU-Z. Memang software tersebut menyebut core grafik sebagai Shaders dengan satuan Unified bukan
Jika sistem yang Anda gunakan adalah Radeon maka
GPU-Z membacanya sebagai Unified Shaders bukan
Compute Units.
Ketika Anda mengarahkan cursor ke OpenCL maka muncul jendela
informasi Supported Version dan Supported Profile. Pada
GPU sistem Kami Supported Version: Full dan
Supported Profile: OpenCL 2.0 AMD-APP.
Jika sistem yang Anda gunakan adalah NVidia maka
GPU-Z membacanya sebagai CUDA cores.
Jika sistem yang Anda gunakan adalah Intel HD Graphics maka
GPU-Z membacanya sebagai
Execution Units (EUs).
Di Intel. Execution Units (EUs) lebih kompleks
dari Compute Units (CUs). Contoh laptop Kami bertenaga
Intel i7-8550U dengan GPU UHD Graphics 620. Memiliki
konfigurasi GPU cores 192:24:3 serta 8ROPs dan
16TMUs. Yangmana 24 adalah EUs, 3 adalah
Subslice, setiap Subslice berisi 8EUs. 192 sendiri
adalah Unified Shaders.
Berikut beberapa software yang mendukung VCE (AMD APP)
dan/atau VCN:
1.
BANDICAM
2. DVDfab
3.
Handbrake
4. OBS Studio
Sampai di sini postingannya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Di postingan selanjutnya Kami bawa Anda mendalami teknologi, khususnya fungsi multimedia, yang ada pada GPU NVidia GeForce dan Intel Graphics.