Rekomendasi AMD Laptop 2019 (I)

Rekomendasi AMD Laptop 2019 (I)


AMD.

Hi! Kerabat Gembos Nge-Blog. Apa kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan baik-baik saja dan tak kurang suatu apapun. Kami cukup lama tidak memberikan tulisan rekomendasi laptop. Bahkan tahun 2018 kemarin, Kami absen menulis rekomendasi laptop sebab Kami merasa adanya perubahan pada roadmap prosesor AMD.

Kami merasa perubahan tersebut sejak prosesor AMD generasi terbaru yang menggunakan Zen CPU core, keluarga 17h dengan proses fabrikasi 14nm. Sedikit berkisah tentang mikroarsitektur Zen. Zen mikroarsitektur diperkenalkan pertama kali pada February 2017 dan sekaligus menjadi mikroarsitektur pertama AMD yang membawa teknologi memory controller DDR4.

Kami mengikuti roadmap nya AMD dan bisa Kami katakan bahwa sejak Zen mikroarsitektur, AMD belum membuat satupun prosesor kelas ultra-mobile berdasarkan Zen mikroarsitektur. Prosesor terakhir AMD di kelas ultra-mobile memiliki namakode Stoney Ridge dan termasuk dalam keluarga APU AMD Generasi Ketujuh (7th Gen.) 'Bristol Ridge'Laptop berkekuatan AMD 7th Gen.APU 'Bristol Ridge' di Indonesia diperkenalkan pertama kali pada Juni 2016 dan ditahun berikutnya, AMD memperkenalkan jajaran prosesor terbaru untuk melengkapi generasi 'Bristol Ridge'.


Kelompok pertama APU generasi ketujuh.

APU A12-9720P adalah APU kelas mobile yang mengotaki laptop ASUS X555QG-BX221T K74T milik Kami. Kemampuan iGPU nya, yaitu iGPU Carrizo, terbilang mumpuni untuk menangani konten video H265/HEVC 4K. Pemberian nama Carrizo untuk iGPU APU AMD Generasi Ketujuh (7th Gen.) 'Bristol Ridge' rupanya menimbulkan kesalahpahaman untuk APU AMD Generasi Keenam (6th Gen.) 'Carrizo' kelas ultra-mobile.

Salah satu seri APU kelas ultra-mobile yang masuk dalam generasi keenam (6th Gen.) 'Carrizo' adalah APU A8-7410, yang memiliki namakode Carrizo-Lmenggunakan mikroarsitektur Puma dan memiliki nama iGPU Beema/Mullins. Kemampuan iGPU Beema/Mullins sendiri terbilang kurang karena hanya bisa menangani video H264 1080p.

Sementara di kelas mobile. Ada salah satu seri APU yang juga masuk dalam generasi keenam (6th Gen.) 'Carrizo' yaitu APU A10-8700P. Memiliki namakode Carrizo, menggunakan mikroarsitektur Excavator dan memiliki nama iGPU Carrizo. iGPU Carrizo adalah iGPU pertama AMD yang bisa menangani konten video H265/HEVC.

APU Generasi Keenam (6th Gen.) 'Carrizo' kelas ultra-mobile, A8-7410.

APU Generasi Keenam (6th Gen.) 'Carrizo' kelas mobile, A10-8700P.

Kelompok pertama APU generasi keenam.

Apa saja rekomendasi AMD laptopnya? Tunggu di postingan berikutnya. Selamat menjalankan ibadah puasa romadhon.